Cara Mencegah Rambut Rontok Agar Tidak Botak

Posted on

Mencegah rambut rontok dapat dilakukan dengan beragam cara. Mulai dari berbagai jenis produk untuk pencegahan rambut rontok hingga beragam jenis bahan alami juga banyak digunakan. Rambut rontok dapat menjadi hal yang sangat mengganggu penampilan. Pencegahan rambut rontok dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan kulit kepala. Rambut yang sehat dapat menjadi awal dari rambut yang cantik. Jika kerontokan terus terjadi, kebotakan menjadi suatu hal yang dapat terjadi. Jika hal ini terjadi, tentunya akan sangat mengganggu penampilan Anda. Rambut yang mengalami kerontokan secara terus menerus akan mengganggu rasa percaya diri seseorang.

Banyak bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Diantara bahan tersebut banyak yang merupakan bahan alami. Penggunaan bahan alami untuk mencegah kerontokan rambut tentunya dapat menjadi cara yang aman untuk dilakukan. Berikut beberapa jenis bahan alami yang dapat digunakan untuk mencegah kerontokan rambut:

1. Jeruk nipis

jeruk nipis
Jeruk nipis menjadi bahan alami yang dapat digunakan untuk mencegah rambut rontok. Pemakaian jeruk nipis untuk mengatasi rambut rontok cukup mudah untuk dilakukan. Caranya yaitu dengan mengusap jeruk nipis yang sudah diiris. Jeruk nipis diusapkan pada bagian yang mengalami masalah kerontokan untuk mencegah kerontokan rambut yang berlebihan. Perasan jeruk nipis itu kemudian didiamkan sementara hingga beberapa menit, baru kemudian rambut dibilas dengan menggunakan air.

2. Jahe

Jahe
Salah satu jenis rempah ini dapat digunakan sebagai bahan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Siapa yang akan menyangka bahan rempah yang dikenal untuk minuman kesehatan ini juga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah rambut rontok? Cara mencegah rambut rontok dengan menggunakan bahan rempah yang satu ini cukup mudah untuk dilakukan. Caranya yaitu dengan mengoleskan jahe yang telah dihaluskan ke bagian kulit kepala. Kulit kepala kemudian dibilas setelah pemakaian dari jahe. Penggunaan secara teratur dapat membuat rambut menjadi sehat dengan lebih cepat.
Penggunaan jahe untuk mengatasi rambut rontok juga dapat dilakukan dengan mencampurkan jahe dengan minyak wijen. Jahe yang telah diparut dicampurkan dengan minyak wijen untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

3. Bawang putih dan bawang merah

Bawang putih dan bawang merah
Bawang putih menjadi bahan alami lainnya yang memiliki manfaat untuk mencegah rambut mengalami kerontokan. Pemakaian bawang putih dapat dijadikan sebagai masker rambut dan digunakan dalam waktu semalam.
Selain bawang putih, bawang merah juga dapat digunakan untuk rambut rontok. Kandungan dari bawang merah menjadi alasan pemakaian bawang merah sebagai bahan untuk mengatasi masalah rambut rontok.

4. Teh hijau

teh hijau serta daun seledri
Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari tea hijau. Salah satu manfaat dari tea hijau yaitu mencegah rambut rontok. Kandungan dari tea hijau yang membuat tea hijau memiliki manfaat tersebut. Pemakaian tea hijau untuk menjadi masker cukup mudah untuk dilakukan. Caranya yaitu dengan menyeduh tea hijau dan membasahi area kulit kelapa yang menunjukkan tanda-tanda rambut rontok. Pemakaian yang dilakukan secara teratur dapat memberikan hasil yang terbaik pada rambut.

5. Yogurt

yoghurt
Yogurt menjadi jenis makanan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Yogurt dapat digunakan sebagai bahan untuk melakukan cream bath pada rambut. Seperti cream bath pada umumnya, selama proses penggunaan yogurt dapat dilakukan pemijatan pada kulit kepala dan digunakan selama beberapa menit sebelum akhirnya dibilas.

6. Putih telur

putih telur
Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk mencegah rambut rontok yaitu dengan menggunakan putih telur. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan putih telur untuk menjaga kesehatan dan kecantikan dari rambut. Manfaat tersebut diantaranya yaitu mengatasi masalah rambut rontok, membuat rambut memiliki tekstur yang lembut serta memelihara tekstur rambut.

7. Lidah buaya

Lidah buaya
Lidah buaya menjadi bahan alami yang terkenal ampuh untuk mengatasi masalah rambut rontok. Penggunaan lidah buaya sendiri untuk mengatasi rambut juga cukup mudah dilakukan. Seperti pada bahan-bahan sebelumnya, penggunaan lidah buaya yaitu dengan cara mengoleskan daging lidah buaya pada area rambut yang memiliki tanda-tanda kerontokan.
Penggunaan lidah buaya untuk perawatan rambut sendiri dapat digunakan bersamaan dengan bahan lainnya. Seperti menggunakan lidah buaya dengan madu. Lidah buaya dan juga madu dapat dijadikan menjadi sebuah masker rambut. Masker rambut lidah buaya dan juga madu dapat digunakan selama beberapa menit sebelum akhirnya dibilas dengan menggunakan air. Pembilasan masker rambut lidah buaya dan juga madu sebaiknya dilakukan dengan menggunakan shampoo. Penggunaan shampoo bertujuan agar rambut menjadi lebih bersih dan juga tidak bau.

Selain dengan madu, lidah buaya untuk mencegah rambut rontok juga dapat digunakan dengan beberapa jenis bahan lainnya. Seperti minyak zaitun dan juga tomat. Campuran dari ketiga bahan ini dioleskan pada kulit kepala dan didiamkan selama beberapa menit. Setelah didiamkan selama beberapa menit, masker percampuran bahan ini dapat dibilas dengan menggunakan air.

8. Santan

santan
Santan menjadi jenis bahan yang memiliki manfaat untuk mencegah rambut rontok. Bahan makanan yang terbuat dari kelapa ini dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan pada rambut dengan cara yang cukup mudah. Santan kelapa dapat digunakan setelah didihkan terlebih dahulu. Setelah suhu santan sudah menjadi lebih normal, maka santan kelapa siap digunakan.

9. Minyak lavender

Minyak lavender
Minyak lavender menjadi jenis bahan yang juga memiliki manfaat untuk mencegah rambut rontok. Pencegahan rambut rontok dari minyak lavender cukup mudah dilakukan. Minyak lavender sebaiknya digunakan setidaknya dua minggu sekali untuk mendapatkan hasil rambut yang terbaik.

Selain mengetahui jenis bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok, mengetahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh rambut juga penting. Berikut beberapa jenis nutrisi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut:

1. Protein
Protein menjadi jenis bahan yang dibutuhkan oleh rambut untuk pertumbuhan serta kesehatan mereka. Mengonsumsi bahan yang mengandung protein dapat menjaga keindahan serta kesehatan dari rambut. Jenis makanan atau minuman yang mengandung protein sekarang ini juga cukup bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan keinginan.

2. Vitamin B12
Vitamin B12 menjadi jenis kandungan dalam makanan lainnya yang dapat digunakan untuk mencegah rambut rontok. Vitamin B12 memiliki banyak manfaat dalam mencegah rambut mengalami kerusakan. Selain itu, konsumsi vitamin B12 juga dapat mempercantik rambut. Vitamin B12 dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan.

Selain penggunaan beberapa jenis bahan, cara untuk mengatasi rambut rontok lainnya yaitu dengan tidak menyisir rambut ketika rambut dalam keadaan basah.

Penggunaan bahan alami untuk mengatasi masalah rambut rontok tentunya memiliki banyak manfaat. Selain aman dan tidak menimbulkan efek samping, penggunaan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah rambut rontok juga cukup mudah dilakukan dan dapat ditemukan dengan mudah. Selain penggunaan bahan-bahan alami, cara untuk mencegah timbulnya masalah rambut rontok juga dapat dilakukan dengan penggunaan shampoo rambut rontok.

Pencarian Populer:

  • khasiat putih telur cegah kebotakan?
  • vit b12 untuk masker rambut botak