Cara Memutihkan Muka yang Alami dan Aman

Posted on

Banyak wanita yang selalu mencari cara memutihkan muka karena penampilan adalah nomor satu bagi wanita. Biasanya, wanita akan selalu pergi ke salon atau klinik kecantikan demi perawatan kulit wajah mereka, atau membeli berbagai produk kecantikan yang banyak beredar di pasaran. Masalahnya, terkadang perawatan yang digunakan atau produk kecantikan yang dipakai tidak sesuai dengan jenis kulit sehingga bukannya tambah putih dan cerah, kulit wajah malah akan kusam dan hitam. Solusi dari masalah ini adalah menggunakan cara memutihkan muka secara alami dari bahan-bahan alam yang tidak tercampur dengan bahan kimia dan tanpa efek samping membahayakan. Meski begitu, sebaiknya, Anda mengenali jenis kulit Anda agar dapat memberikan perawatan yang tepat untuk solusi masalahnya.

Cara Memutihkan Muka Secara Alami Cepat

Jenis-jenis kulit wajah dan pemilihan perawatannya:

1. Kulit biasa atau normal
Jenis kulit ini yang memiliki perawatan paling mudah karena tidak terlalu memiliki banyak masalah seperti jenis kulit lain. Walau begitu tetap saja harus dilakukan perawatan rutin untuk menjaga kebersihan dan kelembapan nya. Ciri-ciri umum jenis kulit ini adalah pori-pori kulit hampir tidak kelihatan, keelastisitasan dan kelembapan yang selalu terjaga, terasa segar, lembut dan tidak terlihat kering dan kusam, serta produksi minyak yang dalam tahap wajar.

2. Kulit kering
Jenis kulit ini terjadi karena kulit tidak cukup memproduksi minyak pada kelenjar minyak sehingga minyak tidak cukup untuk melembabkan dan melindungi kulit wajah. Anda harus melakukan perawatan yang rutin sebagai cara memutihkan muka untuk meningkatkan produksi minyak kulit. Rajin minum air putih bisa menjadi salah satu solusinya, selanjutnya, Anda jangan terlalu lama dan terlalu sering mandi karena bisa mengurangi kadar minyak dalam kulit. Anda harus menggunakan krim pelembab kulit seperti lotion. Ciri-ciri umum dari pemilik kulit ini adalah kulit yang tidak elastis dan terasa kasar, wajah juga kusam dan garis-garis wajah terlihat jelas, pori-pori tidak terlihat, dan mudah terkena iritasi dan keriput.

3. Kulit berminyak
Berkebalikan dengan kulit kering, kulit berminyak terjadi karena produksi minyak pada kulit berlebihan biasanya terjadi pada area dahi, dagu, dan hidung (T-zone). Hal ini dapat disebabkan oleh lingkungan, stres, genetik, pubertas, dan makanan. Anda bisa rutin untuk mencuci muka 2x dalam sehari untuk mengurangi kadar minyak nya. Anda bisa menggunakan kertas penyerap minyak atau tisu untuk menghilangkan minyak dan gunakan produk yang “non oil”. Ciri-ciri umum dari jenis kulit ini wajah berjerawat dan mengkilap, pori-pori besar, terasa lengket dan berminyak terutama di sekitar T-Zone sehingga jika menggunakan make up akan cepat luntur.

4. Kulit sensitif
Untuk jenis ini yang paling sulit perawatannya karena harus ekstra hati-hati, salah sedikit kulit bisa iritasi. Hal ini dikarenakan ketebalan kulit sangat tipis dan letak pembuluh darah dan saraf yang terlampau dekat dengan permukaan kulit. Anda harus selalu memakai tabir surya untuk melindunginya dari UV, selalu bersihkan wajah secara rutin dan gunakan pelembab wajah. Konsultasi dengan dokter kulit untuk produk perawatan Anda. Ciri-ciri umum dari kulit ini mudah mengalami iritasi dan alergi dan tekstur kulit yang terasa sangat tipis.

5. Gabungan dua jenis kulit
Bagi yang tinggal di daerah beriklim tropis, pasti sering mengalami masalah kulit ini, biasanya gabungan tersebut adalah kering-berminyak, normal-berminyak, atau berminyak-sensitif. Untuk cara memutihkan muka secara alami, Anda dapat menggunakan dua produk langsung pada wajah Anda yang cocok dengan jenis kulit yang Anda miliki. Ciri-ciri umumnya adalah terjadinya perbedaan tekstur kulit pada jenis kulit berbeda contohnya, pada area yang kulit kering sangat tipis dan berminyak sangat tebal.

Meski kebanyakan wanita yang mengalami masalah kulit menyerahkan masalah perawatan kulitnya pada dokter kulit atau klinik kecantikan, Anda dapat melakukan perawatan sendiri di rumah cara memutihkan muka. Dengan bahan-bahan dari alam yang tidak menggunakan bahan kimia dan tentunya tidak memiliki efek samping yang membahayakan bagi kulit. Anda dapat menggunakannya sebagai cara memutihkan muka secara alami dalam waktu 2 hari yang bisa dilakukan di rumah.

1. Kombinasi antara tomat, kunyit, dan yoghurt

tomat, kunyit, dan yoghurt
Ketiga bahan tersebut sudah tidak diragukan lagi sebagai cara memutihkan muka secara alami dan sering digunakan dalam perawatan kecantikan. Blender tomat dan 100 gram kunyit hingga halus, tambahkan 2-3 sendok yoghurt dan aduk rata. Oleskan pada wajah Anda, tunggu hingga kering lalu bilas dengan air dingin. Lakukan dua kali sehari selama satu minggu untuk perawatan maksimal, dan dua kali seminggu di minggu berikutnya.

2. Tepung beras

Tepung beras
Sejak dulu, khasiat dari tepung beras selalu digunakan dalam perawatan kecantikan, kandungan dalam beras membuat kulit menjadi halus dan cerah sehingga cocok sebagai cara memutihkan muka secara alami dalam waktu 2 hari. Untuk membuat tepung nya, Anda tinggal merendam beras sesuai yang Anda butuhkan, setelah itu keringkan. Lalu giling beras hingga halus dan lembut, jemur hingga kering. Untuk penggunaannya, Anda bisa mencampurkan dengan madu dan susu krim atau air biasa dan madu, lalu oles masker ke wajah Anda secara merata. Biarkan hingga kering, lalu bilas sampai bersih. Lakukan selama tiga kali seminggu untuk perawatan maksimal.

3. Kombinasi antara tomat, pepaya, bubuk cendana, dan kunyit
Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah blender hingga halus, tomat, pepaya matang, dan kunyit, tambahkan dua sendok bubuk cendana, aduk hingga rata. Oleskan masker ke wajah Anda secara merata. Diamkan hingga mengering, bilas dengan air hangat. Ulangi perawatan ini minimal tiga kali seminggu.

4. Madu

Madu untuk wajah
Cara memutihkan muka secara alami selanjutnya adalah masker dari madu. Madu sangat bagus sebagai pelembab alami kulit dan dapat mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan muka. Caranya sangat mudah, Anda tinggal mengoleskan 2-3 sendok madu di muka Anda secara merata ke seluruh bagian. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, cuci bersih dengan air hangat. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Buah alpukat

Buah alpukat untuk wajah
Alpukat sangat ampuh untuk mengatasi kulit kering dan terlihat kusam, karena kandungan glutamin di dalamnya dapat melembabkan muka dan kulit. Bersihkan terlebih dahulu muka Anda, campurkan daging alpukat dengan madu secukupnya, oleskan masker alpukat secara merata ke muka Anda, diamkan sekitar 20 hingga 25 menit lalu bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil maksimal.

Banyak cara memutihkan muka yang tersedia untuk Anda, namun Anda harus rajin memperhatikan kondisi dan kebersihan muka Anda agar tidak mudah terkena masalah wajah seperti jerawat atau komedo. Selain itu, Anda harus cukup istirahat dan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Salah satu solusinya adalah rajin berolahraga dan minum air putih.

Pencarian Populer:

  • cara menebalkan kulit wajah secara alami
  • ciri ciri memutih kan muka
  • cara menyerahkan wajah alami
  • caramemutihkanmuka
  • ciri muka alami dengan muka pemutih
  • inpor masi wajah
  • manfaat tepung beras untuk wajah
  • pemutih muka alami
  • sabun wajah untuk menyerahkan dan aman