Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya

Posted on

Banyaknya yang mengalami masalah rambut rontok dengan penyebab rambut rontok yang berbeda-beda sering menjadi pertanyaan yang diajukan ke pada dokter dan ahli kesehatan. Untuk sekilas, kerontokan rambut terlihat seperti kejadian yang wajar-wajar saja. Apa lagi rambut adalah organ tubuh yang terus tumbuh seiring waktu. Meski begitu, bila diteliti lebih lanjut, peristiwa rontoknya rambut bisa menjadi masalah yang sangat serius bagi penderita, khususnya yang mengalami kerontokan secara berlebihan. Rambut yang rontok dalam jumlah 100 helai ke bawah dalam sehari bagi para dokter, dinilai cukup wajar, namun bila melebihi jumlah kewajaran tersebut, berarti kerontokan sudah masuk tingkatan yang parah dan perlu penanganan lebih serius.

Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rambut Rontok pada Pria dan Wanita

Ada banyak penyebab rambut rontok pada pria maupun penyebab rambut rontok pada wanita yang tidak mengenal usia. Kasus kerontokan ini dapat terjadi oleh siapa saja. Walau sebagian besar dialami mereka yang menginjak usia remaja ke atas. Berikut beberapa penyebab terjadinya kerontokan rambut menurut para dokter dan sering ditemui:
 
1. Keturunan/Genetik
Penyebab pertama dan memang sering terjadi ialah karena faktor keturunan atau genetik. Penyebab yang satu ini sulit untuk dihindari bila memang Anda memiliki keluarga yang sebagian mengalami kerontokan rambut. Misalnya dialami oleh kakek, nenek, berlanjut ke ayah, atau juga ibu. Kerontokan akan semakin parah bila Anda juga melakukan hal-hal yang memicu terjadi kerontokan rambut. Cara mengatasinya dengan melakukan perawatan rambut rutin sejak dini. Anda bisa memanfaatkan berbagai bahan alami. Bila ingin yang lebih praktis, Anda bisa juga membeli hair tonic rambut dan memakainya setiap habis keramas.
 
2. Makanan Dan Minuman
Apakah Anda pernah mendengar ungkapan, “Tampilan tubuh Anda adalah apa yang apa konsumsi.”? Ungkapan ini juga berlaku dalam kasus kerontokan rambut. Makanan dan minuman sehari-hari kita mempengaruhi tingkat kesehatan rambut dan kulit. Anda yang kurang mengkonsumsi asupan yang kaya akan gizi kemungkinan terkena rambut rontok. Asupan yang kurang baik jadi penyebab kedua dari rambut yang rontok. Cara mengatasinya tentu dengan mengganti asupan sehari-hari. Pilih makanan dan minuman yang sehat dan kaya akan gizi. Perbanyak makan buah dan sayur, serta hindari makanan dan minuman yang memicu kerontokan rambut.
 
3. Ketidak Seimbangan Hormon
Penyebab ketiga dari rambut yang rontok adalah ketidak seimbangan hormon. Hal ini sering dialami oleh wanita yang tingkat kestabilan hormonnya rendah. Hormon yang tidak seimbang dapat dipicu oleh banyak faktor, seperti wanita yang sedang mengalami masa kehamilan, wanita yang masuk masa menopause, dan lain sebagainya. Cara mengatasi penyebab rambut rontok pada wanita ini bisa dengan konsultasi pada dokter untuk mendapat obat-obatan penstabil hormon, atau memperbaiki jam istirahat dan asupan tubuh.
 
4. Mengkonsumsi Obat-Obatan Dan Dalam Masa Pengobatan
Kerontokan pada rambut dapat disebabkan oleh konsumsi obat-obatan yang memiliki efeks samping rambut rontok. Ada beberapa jenis obat yang dapat memicu kerontokan rambut dan mengganggu pertumbuhan rambut dan kulit. Anda yang sedang dalam masa pengobatan seperti kemoterapi juga cenderung mengalami kerontokan rambut. Cara mengatasinya dengan menghentikan pemakaian obat (bila memungkinkan), konsultasi pada dokter, dan melakukan perawatan rambut dengan bahan alami secara rutin.
 
5. Faktor Psikologis
Mungkin ada sebagian dari Anda yang bertanya-tanya, rambut rontok berlebihan pertanda apa padahal Anda tidak merasa memakaikan bahan-bahan yang memicu kerontokan di rambut Anda. Rambut rontok berlebihan juga dapat disebabkan oleh faktor psikologis atau keadaan psikologis Anda. Anda yang mengalami stress, cemas dalam waktu lama, mengalami tekanan, depresi, dan gangguan psikologis lainnya dapat mengalami kerontokan pada area rambut. Cara mengatasinya dengan menghindari rasa stress dan coba mencari kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Yang dapat membuat Anda lebih merasa nyaman.
 
6. Penyakit Yang Menyerang Autoimun
Selanjutnya ialah karena menderita penyakit yang menyerang autoimun. Gejala ini biasa disebut dengan Alopesia Areata yang mengurangi kekuatan akar rambut. Ada banyak penyakit yang bisa menimbulkan gejala ini dan jadi penyebab rambut rontok di antaranya diabetes dan hipeteroidisme. Bukan hanya menyerang rambut, gejala ini juga bisa berupa gangguan lain seperti kesehatan kulit yang menurun.
 
7. Pola Hidup Kurang Sehat
Penyebab ketujuh yang membuat rambut mudah rontok adalah pola hidup yang kurang sehat. Anda yang menjalani pola hidup kurang sehat biasanya tidak lepas dari kurang stabilnya hormon dan sering mengkonsumsi asupan yang tidak baik. Untuk mengurangi kerontokan, perbaiki pola hidup, hindari asupan yang dapat membuat rontok rambut seperti kafein, alkohol, minuman bersoda, dan lain-lain.
 
8. Pewarnaan Rambut
Rambut juga lebih mudah rontok karena adanya pemberian warna. Sebagian besar kandungan dalam cat rambut merusak kesehatan rambut dari mulai akarnya. Rambut jadi lebih mudah kering, bercabang, dan rontok. Cara mengatasinya, rawatlah rambut secara rutin dnegan bahan alami, atau pakai vitamin dan shampo khusus rambut berwarna.
 
9. Sering Memakai Penutup Kepala
Mungkin ada dari Anda yang mencari apa penyebab rambut rontok pada wanita berjilbab atau semacamnya. Rambut yang sering ditutup memang mudah mengalami kerontokan, bukan hanya jilbab, tetapi juga topi. Cara mengatasinya bagi Anda yang memakai jilbab setiap hari, usahakan rambut dalam keadaan kering saat dipakaikan jilbab. Pakai jilbab yang terbuat dari bahan yang lembut dan mampu memberi sirkulasi udara yang baik. Sama dengan Anda yang gemar memakai topi, usahakan jangan terlalu lama memakainya.
 
10. Hair Styling
Proses hair styling seperti memakai hair dryer, alat catok dan keriting rambut, dan sejenisnya memang beresiko merusak rambut. Penambahan pemakaian hair spray juga dapat memperparah kondisi rambut yang sedang tidak sehat. Anda bisa mengurangi pemakaian peralatan hair styling dan hair spray sebisa mungkin. Kemudian pakai vitamin untuk rambut rontok sesudah keramas.
 
11. Terlalu Lama Mengikat Dan Menjepit Rambut
Terakhir, penyebab rambut rontok pada wanita khususnya ialah sering terlalu lama mengikat dan mejepit rambut. Tidak sedikit dari wanita yang sering mengikat rambut secara rapi dengan ikatan yang kokoh dan membiarkannya seharian. Cara mengatasinya tentu dengan mengurangi pemakaian ikat dan jepit rambut dan bila memang harus memakai, jangan terlalu kencang mengikat dan menjepitnya.
 
Untuk membuat rambut tetap sehat dan mengurangi kerontokan ringan, Anda dapat memanfaatkan banyak bahan alami yang bisa dijadikan masker dan digunakan satu sampai dua kali dalam seminggu. Bahan-bahan alami tersebut di antaranya Alpukat, Telur, Minyak Kelapa, Minyak Zaitun, Kemiri, Seledri, Pisang, dan Lidah Buaya. Selalu rawat rambut dengan mencucinya memakai shampo yang sesuai kondisi rambut Anda dengan rutin, kemudian beri vitamin atau serum rambut saat rambut setengah basah. Itu dia ulasan tentang apa saja yang jadi penyebab rambut rontok serta bagaimana cara mengatasinya. Semoga ulasan ini membantu Anda yang sedang mengalami kerontokan rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *