Cara Memutihkan Ketiak Dengan Bahan Alami

Posted on

Kita sering merasa percaya diri karena ketiak yang hitam sehingga ada banyak cara memutihkan ketiak yang bisa ditemukan dengan mudah. Ketiak yang berwarna hitam membuat kita tidak percaya diri untuk memakai pakaian yang tanpa lengan, atau mengangkat lengan terlalu tinggi. Sebelum mencari tahu apa saja cara memutihkan ketiak, ada baiknya kita mengetahui penyebab kulit ketiak yang berubah menjadi hitam.

Cara Memutihkan Ketiak Dengan Bahan Alami

Faktor Penyebab Kulit Ketiak Hitam

Kulit ketiak berbeda memiliki karakteristik yang berbeda dengan kulit pada bagian tubuh yang lain. Biasanya kulit tubuh bagian lain akan menjadi hitam karena terpapar sinar matahari terlalu lama dan bekas luka. Namun, kulit ketiak bisa menghitam karena faktor-faktor lain yang akan dijelaskan di bawah ini.

  • Hiperpigmentasi

Salah satu penyebab kulit ketiak yang berubah menjadi hitam adalah hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi yang mana kulit pada daerah lipatan berubah menjadi hitam karena produksi melanin yang berlebih. Kulit daerah lipatan yang rawan terkena hiperpigmentasi adalah ketiak, selangkangan, belakang leher, belakang lutut, dan pangkal paha.

  • Deodoran dan Anti Perspirant

Sudah menjadi kebiasaan kita untuk memakai deodoran atau anti pespirant setelah mandi agar tidak ada produksi keringat yang berlebih pada ketiak. Sehingga, badan selalu segar dan tidak memiliki bau yang menyengat. Namun, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa zat kimia yang terkandung dalam deodoran dan anti pespirant menyebabkan perubahan warna kulit ketiak.

  • Mencukur Rambut Ketiak

Penyebab paling umum menghitamnya kulit ketiak adalah kebiasaan mencukur rambut ketiak. Ketika kita mencukur rambut ketiak maka rambut ketiak tidak akan tercabut hingga ke bagian akar. Masih ada rambut yang tersisa pada kulit ketiak yang menyebabkan kulit ketiak terlihat lebih hitam.

  • Pakaian Yang Ketat

Ternyata terlalu sering memakai pakaian yang ketat bisa menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam. Pakaian yang ketat menyebabkan hyperkeratosis atau penebalan kulit. Tujuan dari penebalan kulit adalah untuk mencegah adanya iritasi akibat gesekan antara kulit dan pakaian yang ketat. Selain itu, penebalan kulit bisa memicu hiperpigmentasi pada kulit bagian ketiak.

  • Bakteri

Infeksi bakteri bisa menyebabkan kulit ketiak berubah menjadi hitam. Bakteri yang bisa memicu kulit ketiak menjadi hitam adalah bakteri corynebacterium minutissimum. Bakteri ini akan meninggalkan bercak merak kecokelatan yang sangat kentara. Bercak ini akan menyebabkan rasa gatal, terutama jika kulit sedang berkeringat. Infeksi ini biasanya terjadi pada orang-orang yang obesitas dan terkena diabetes.

  • Krim untuk Mencukur Rambut Ketiak

Kita sudah biasa memakai krim khusus mencukur rambut ketiak setiap kali bercukur. Tujuan dari pemakaian krim ini adalah untuk membersihkan rambut ketiak secara maksimal dan mengurangi risiko terluka atau iritasi. Sayangnya, krim ini mengandung bahan kimia yang bisa memicu kulit ketiak berubah menjadi hitam.

  • Tumpukan Sel Kulit Mati

Sel kulit mati yang ada di ketiak menjadi penyebab mengapa ketiak berubah menjadi hitam. Agar kulit ketiak menjadi putih kembali maka cara memutihkan ketiak dengan melakukan scrubbing bisa dicoba. Ketiak bisa digosok menggunakan spons agar sel kulit mati terangkat semua.

Cara Memutihkan Kulit Ketiak

Setelah mengetahui faktor-faktor apa saja yang bisa memicu kulit ketiak berubah menjadi hitam, maka di bawah ini akan di bahas cara memutihkan ketiak dengan menggunakan bahan-bahan yang alami. Cara memutihkan ketiak dengan bahan-bahan alami memang tidak memberikan hasil yang cepat. Namun, bahan-bahan yang alami bisa memutihkan ketiak tanpa ada efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

  1. Mentimun

Mentimun sudah terbukti efektif untuk memutihkan kulit ketiak. Hal ini dikarenakan mentimun mengandung antioksidan yang berperan penting dalam proses pengangkatan sel kulit mati yang menumpuk di ketiak. Kandungan antioksidan pada mentimun membantu proses regenerasi kulit dengan cepat. Selain itu, kandungan air yang banyak di dalam mentimun sangatlah bagus untuk melembabkan kulit ketiak.

Cara memutihkan ketiak dengan menggunakan mentimun bisa dipraktekkan melalui beberapa cara ini :

  • Giling mentimun sampai halus dan peras hingga sarinya bisa diambil. Oleskan sari mentimun tersebut pada kulit ketiak.
  • Potong mentimun menjadi irisan-irisan tipis dan tempelkan pada ketiak hingga mengering.
  1. Jeruk Nipis

Sudah ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa jeruk nipis memiliki khasiat yang besar dalam memutihkan kulit, termasuk kulit ketiak. Tidak heran jika jeruk nipis bisa menjadi cara memutihkan ketiak yang alami. Hal ini disebabkan jeruk nipis mengandung banyak vitamin C yang bisa mencerahkan kulit. Vitamin C bisa mencegah timbulnya bakteri yang membuat ketiak menjadi bau. Ketiak akan menjadi lebih putih dengan jeruk nipis melalui cara-cara di bawah ini :

  • Iris jeruk nipis dengan ketebalan 0,5 sentimeter.
  • Gosokkan irisan jeruk nipis pada ketiak yang hitam selama 5 menit.
  • Bilas ketiak menggunakan air bersih.

Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan jeruk nipis sebagai cara memutihkan ketiak yang alami. Pertama, jeruk nipis akan membuat kulit menjadi kering sehingga oleskan madu atau minyak zaitun agar kulit ketiak menjadi lembab. Kedua, jangan sampai ada luka di dalam kulit ketiak karena jeruk nipis akan menimbulkan rasa perih dan iritasi.

  1. Gula Pasir

Cara memutihkan ketiak yang lain adalah dengan menggunakan gula pasir. Gula pasir dengan tekstur yang kasar terbukti efektif untuk proses pengangkatan sel kulit mati yang menumpuk di ketiak. Namun, cara memutihkan ketiak dengan menggunakan gula pasir harus dicampur dengan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang berperan penting dalam proses pembentukan sel kulit baru serta menghaluskan kulit ketiak.

Untuk memutihkan ketiak dengan gula pasir dan minyak zaitun bisa dilakukan dengan cara-cara di bawah ini :

  • Campurkan satu sendok makan gula pasir dan minyak zaitun.
  • Oleskan campuran tersebut ke kulit ketiak yang hitam.
  • Diamkan selama 3 menit.
  • Bilas menggunakan air hangat.

Campuran gula pasir dan minyak zaitun bisa dipakai setiap dua kali seminggu untuk mendapatkan kulit ketiak yang cerah.

  1. Kentang

Kentang direkomendasikan untuk memutihkan kulit ketiak karena kentang mengandung zat yang bisa memutihkan kulit. Ada juga kandungan asam yang bisa mencegah bakteri berkembang pada ketiak. Dengan kentang ketiak tidak hanya putih, tetapi juga segar dan bebas bau.

Adapun cara-cara untuk membuat kulit ketiak menjadi putih antara lain :

  • Bersihkan kulit ketiak.
  • Bersihkan kentang dari kulitnya.
  • Giling kentang sampai halus.
  • Peras gilingan kentang agar airnya hilang.
  • Sari kentang tersebut dioleskan ke kulit ketiak yang menghitam.
  • Diamkan sari kentang selama satu jam.
  • Bilas ketiak dengan air hangat.

Untuk mendapatkan kulit ketiak yang putih, bersih dan bebas bau, maka gunakan sari kentang setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *