Berbagai Manfaat Kulit Manggis Untuk Kulit Wanita

Posted on

Ada sejuta manfaat kulit manggis yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Hal ini dikarenakan ada kandungan khusus dalam kulit manggis yang memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Tidak heran jika kulit manggis diolah menjadi berbagai macam produk kesehatan seperti kapsul kulit manggis, serbuk teh, jus, dan lain sebagainya.

Berbagai Manfaat Kulit Manggis Untuk Kulit Wanita

Manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh diperoleh dari senyawa yang disebut senyawa xanthone. Senyawa ini memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh. Dengan adanya senyawa xanthone maka tubuh bisa terhindar dari obesitas, diabetes, penyumpanan pembuluh darah, dan masalah kesehatan lain yang disebabkan oleh penumpukan lemak di dalam tubuh.

Ada pula manfaat kulit manggis untuk mengatasi masalah kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan ada kandungan antioksidan yang tinggi di dalam kulit manggis. Sehingga, mengonsumsi kulit manggis secara rutin bisa mengatasi masalah kulit seperti flek dan keripuk. Selain itu, kandungan antioksidan di dalam kulit manggis dapat mempercepat proses regenerasi kulit.

Selengkapnya mengenai manfaat kulit manggis akan dibahas di bawah ini:

  • Membuat Kulit Menjadi Lebih Cerah

Ternyata kulit manggis memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan kulit. Manfaat kulit manggis untuk kesehatan kulit dikarenakan kulit manggis mengandung kadar vitamin C yang melimpah. Penelitian juga telah membuktikan bahwa kandungan vitamin C di dalam kulit manggis bisa mengatasi masalah kulit seperti wajah berminyak dan kusam sehingga kulit wajah menjadi lebih cerah dan segar. Tidak hanya itu, kulit manggis membantu proses pembentukan kolagen dengan cepat. Dengan adanya kolagen kulit menjadi lebih kencang dan bebas dari tanda-tanda penuaan.

  • Mencegah Proses Penuaan Dini

Alasan mengapa kulit manggis diburu oleh orang-orang adalah karena manfaat kulit manggis untuk mencegah proses penuaan dini. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kulit manggis mengandung antioksidan yang berperan penting dalam proses pengangkatan sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Kulit manggis akan memicu sel kulit untuk melakukan regenerasi dengan cepat. Wajah yang sudah terbebas dari sel-sel kulit mati akan terbebas dari keriput dan tanda-tanda penuaan yang lain.

  • Mencegah Kanker

Manfaat kulit manggis yang paling besar adalah kemampuannya untuk mencegah kanker. Kulit manggis direkomendasikan untuk orang-orang yang mengidap kanker atau memiliki risiko terkena kanker. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalam kulit manggis yang mampu menangkal radikal bebas yang bersifat karsinogenik atau memicu berkembangkan sel kanker di dalam tubuh.

Manfaat kulit manggis dalam mencegah kanker terdapat pada kemampuan anti proliferasi di dalamnya. Kemampuan anti proliferasi merupakan kemampuan kulit manggis dalam menghambat perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

  • Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Ada lagi manfaat kulit manggis untuk kesehatan yaitu untuk mengendalikan kadar gula dalam darah para penderita penyakit diabetes. Kulit manggis mengandung kadar kalori yang rendah yang direkomendasikan untuk orang-orang yang menderita diabetes. Ada pula kandungan serat yang tinggi di dalam kulit manggis. Kandungan serat inilah yang berperan penting dalam mengendalikan kadar gula darah agar selalu berada dalam status yang normal. Selain itu, serat di dalam kulit manggis akan mendistribusikan gula ke seluruh organ tubuh agar organ tubuh bisa bekerja secara optimal dan tidak ada penumpukan gula yang tinggi di dalam darah.

  • Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat kulit manggis yang lain adalah untuk mengontrol kadar kolesterol sehingga hasil olahan kulit manggis direkomendasikan untuk dikonsumsi orang-orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Dengan mengonsumsi hasil olahan kulit manggis secara rutin maka risiko penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah akan berkurang. Penumpukan kolesterol akan menyebabkan adanya plak kolesterol di dalam pembuluh darah. Efek samping dari penumpukan ini adalah penyumbatan pembuluh darah yang bisa mengakibatkan penyakit yang mematikan seperti jantung koroner dan stroke.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Penelitian telah membuktikan bahwa kulit manggis mengandung senyawa kardoprotektor atau senyawa yang melindungi jantung. Senyawa ini selalu menjaga kesehatan jantung dan mengoptimalkan kinerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu, risiko terkena gangguan jantung seperti serangan jantung, jantung rematik, kematian mendadak otot jantung dan jantung koroner bisa teratasi dengan mengonsumsi hasil olahan kulit manggis secara rutin.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Banyak orang yang bermasalah dengan sistem pencernaan. Masalah yang paling umum dihadapi orang-orang adalah sembelit atau buang air besar yang tidak lancar. Sembelit biasanya disebabkan karena kurangnya konsumsi serat dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi sembelit maka mengonsumsi bahan makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi adalah solusi terbaiknya. Contoh bahan makanan dengan kandungan serat yang tinggi adalah kulit manggis.

Mengonsumsi hasil olahan kulit manggis seperti jus kulit manggis, teh kulit manggis dan kapsul kulit manggis akan memberikan nutrisi pada tubuh, terutama usus. Usus akan bekerja secara optimal dalam menyerap kandungan nutrisi dari makanan. Selain itu, gerakan mendorong sisa-sisa makanan yang sudah dicerna keluar dari usus menjadi lebih mudah sehingga buang air besar bisa lebih lancar.

  • Mencegah Penyakit Mata

Kulit manggis tidak hanya mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Ada pula kadar vitamin A pada kulit manggis yang berkontribusi dalam kesehatan mata. Vitamin A akan menjaga tingkat ketajaman penglihatan. Penyakit-penyakit mata seperti glaukoma, rabun jauh, rabun dekat, dan buta warna bisa teratasi dengan mengonsumsi hasil olahan kulit manggis secara rutin.

  • Meningkatkan Stamina Tubuh

Kulit manggis mengandung banyak vitamin, salah satunya vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks memiliki peran yang penting dalam menjaga stamina tubuh sehingga tubuh selalu bugar dan fit. Vitamin B kompleks membantu proses metabolisme tubuh seperti mengolah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi tenaga. Manfaat lain dari vitamin B kompleks adalah memperbaiki fungsi sistem syaraf sehingga koordinasi syaraf-syaraf di dalam tubuh semakin meningkat.

  • Membantu Proses Detoksifikasi

Adanya banyak racun di dalam tubuh menjadi alasan mengapa tubuh mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, kulit manggis hadir dengan kandungan antioksidan yang akan memerangi racun-racun di dalam tubuh. Umumnya, racun-racun di dalam tubuh disebabkan karena radikal bebas seperti efek samping radiasi, makanan yang mengandung pengawet, pemanis, dan pewarna buatan, asap rokok, dan polusi. Dengan mengonsumsi kulit manggis maka racun-racun tersebut akan keluar dari tubuh melalui cairan urin.

Senyawa antioksidan di dalam kulit manggis juga akan melindungi usus agar tidak melakukan kontak secara langsung dengan racun-racun tersebut. Sehingga, kulit manggis bisa mencegah risiko terkena kanker usus.

  • Mencegah Pengeroposan Tulang

Kulit manggis mengandung kalsium yang tinggi. Kalsium memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kepadatan tulang sehingga tulang tidak mudah keropos. Kulit manggis yang dikonsumsi secara rutin oleh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan bisa membantu meninggikan badan.

Save

Pencarian Populer:

  • manfaat serbuk manggis collagen
  • khasiat serbuj kulit manggis collagen
  • manfaat serbuk manggis collagen by NW