Cara Ampuh Perawatan Wajah Berjerawat

Posted on

Perawatan wajah berjerawat menjadi salah satu tipe perawatan kulit yang paling banyak dicari oleh berbagai kalangan baik muda maupun tua. Bagaimana tidak? Jerawat dengan sangat mudah, bahkan sering, muncul di bagian wajah manapun. Bisa dikarenakan oleh faktor eksternal seperti polusi atau pun faktor internal seperti hormon yang tidak seimbang. Jika Anda sedang mengalami wajah berjerawat atau memiliki tipe kulit wajah yang mudah berjerawat, beberapa cara di bawah ini mungkin ampuh mengatasi masalah jerawat Anda. Cek yuk!

Cara Ampuh Perawatan Wajah Berjerawat

Perawatan Wajah Berjerawat Percayakan pada Bahan Alami dari Alam

Berikut adalah beberapa produk alam yang sering digunakan dalam perawatan wajah berjerawat secara alami.

  1. Lemon atau Jeruk Nipis

perawatan wajah berjerawat menggunakan lemon

Lemon dan jeruk nipis merupakan golongan buah sitrus yang memiliki kandungan vitamin C atau asam L-ascorbic yang tinggi. Vitamin C dalam buah sitrus ini memiliki sifat disinfektan alami dan anti-inflamasi yang ampuh dalam melawan infeksi di kulit yang memicu tumbuhnya jerawat. Asam alami dari hasil perasan jeruk nipis atau lemon ini akan berfungsi membersihkan dan mencegah segala macam infeksi atau bakteri untuk tumbuh di pori-pori kulit Anda. Selain itu, sifat asamnya juga membantu mengelupas kulit mati dan membersihkan bekas jerawat.

Cara pemakaian:

Pertama, persiapkan jeruk nipis atau lemon segar. Belah buah menjadi dua bagian dan peras hingga Anda bisa mendapatkan cukup airnya. Celupkan ujung cotton buds atau korek kuping ke dalam air perasan kemudian dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Atau, Anda bisa menggunakan cara yang lebih praktis dengan mengoleskan potongan lemon secara langsung ke bagian wajah yang berjerawat. Biarkan selama 15-20 menit sebelum membasuh wajah dengan air dingin. Lakukan perawatan wajah berjerawat dengan lemon atau jeruk nipis ini setiap satu atau dua kali sehari.

  1. Madu

perawatan wajah berjerawat menggunakan madu

Madu merupakan gula alami yang kaya akan kandungan mineral dan vitamin esensial lainnya. Kandungan ini memiliki sifat anti-biotik dan disinfektan alami untuk mengurangi dan mencegah infeksi di kulit akibat jerawat. Madu juga memiliki sifat melembabkan dan menenangkan bagian wajah yang berjerawat.

Cara pemakaian:

Terdapat beberapa cara melakukan perawatan wajah berjerawat dengan menggunakan madu. Pertama, Anda bisa secara langsung mengoleskan madu ke bagian wajah yang berjerawat dengan menggunakan korek kuping. Kedua, Anda bisa menutulkan dengan campuran 1 sendok makan madu dan 1/2 sendok teh bubuk kayu manis. Diamkan selama 10-15 menit hingga kering kemudian basuh wajah dengan air hangat. Lakukan secara rutin setiap satu kali sehari ke bagian wajah yang berjerawat.

  1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

perawatan wajah berjerawat menggunakan lidah buaya

Tanaman yang sering ditemui di halaman Anda ini ternyata ampuh untuk digunakan pada perawatan wajah berjerawat. Gel lengket dari lidah buaya terbukti memiliki sifat anti-bakteri untuk membunuh jerawat dan anti-inflamasi untuk mengurangi peradangannya agar cepat sembuh. Gelnya juga membuat kulit Anda menjadi lebih halus, lembab, dan bahkan membantu mendorong pertumbuhan sel kulit baru.

Cara pemakaian:

Potong setangkai lidah buaya kemudian belah bagian tengahnya untuk mengekstraksi gelnya. Anda hanya perlu mengoleskan gel tersebut ke bagian wajah yang berjerawat. Lakukan selama seminggu dengan frekuensi perawatan dua kali sehari. Cara kedua, Anda bisa mengumpulkan 1 sendok makan gel lidah buaya kemudian blender dengan 1/2 sendok teh bubuk kunyit dan madu hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pasta ini ke wajah seperti masker. Tunggu hingga kering selama 10-15 menit sebelum membasuh wajah dengan air dingin. Cara kedua ini bisa Anda praktikkan sekali dalam sehari saja.

Produk Obat Jerawat yang Paling Ampuh

Mungkin Anda merasa bahwa produk alami di atas kurang begitu memberikan efek yang cepat dalam mengurangi jerawat. Apabila demikian, berikut adalah beberapa obat jerawat paling ampuh di apotik yang paling sering digunakan sebagai bagian dari perawatan wajah berjerawat yang mungkin bisa Anda coba. Tetapi ingat, perlu dicatat bahwa sebelum menggunakan obat ini disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari adanya efek samping.

  1. Benzoil Peroksida (Benzoyl Peroxide)

Benzoil peroksida merupakan obat jerawat yang paling sering dijumpai di apotik maupun toko obat lainnya. Obat ini berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, benzoil peroksida juga mengurangi bekas kemerahan akibat peradangan pada jerawat.

Cara pemakaian:

Pertama, bersihkan wajah dengan pembersih wajah dan air hangat. Ingat, hanya gunakan benzoil peroksida dengan tingkat konsentrasi yang rendah yaitu tidak lebih dari 2,5%. Hal ini dikarenakan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi akan menyebabkan kulit mengelupas, kemerahan, bahkan menimbulkan rasa panas di wajah.

Cukup dengan mengoleskan krim benzoil peroksida seukuran bulir jagung atau satu sendok teh dalam bentuk gel ke bagian wajah yang berjerawat. Sembari mengoles, Anda bisa memijat lembut wajah untuk membantu agar krim atau gel dapat diserap oleh kulit. Diamkan selama 10 menit sebelum membasuh wajah dengan air dingin. Ulangi perawatan wajah berjerawat dengan obat ini setiap dua kali sehari.

  1. Antibiotik

Antibiotik berfungsi melawan bakteri penyebab jerawat dengan cepat, sehingga jerawat akan cepat mengering dan bekasnya pun juga lekas hilang. Efek kemerahan akibat peradangan jerawat juga dapat berkurang dengan menggunakan antibiotik. Ingat, antibiotik hanya bisa didapatkan dengan menggunakan resep dokter.

Cara pemakaian:

Antibiotik dapat diperoleh dalam bentuk topikal maupun oral. Cara penggunaan antibiotik topikal kurang lebih sama seperti penggunaan benzoil peroksida di atas. Sedangkan untuk antibiotik oral biasanya digunakan untuk jerawat yang sudah parah. Frekuensi penggunaan pun akan sangat mengikuti rekomendasi dokter sesuai dengan kondisi jerawat Anda. Tetapi, biasanya antibiotik oral tidak disarankan untuk digunakan untuk jangka panjang.

Tips Tambahan untuk Kulit Wajah Bebas Jerawat

Bagi Anda yang rentan mengalami wajah berjerawat, beberapa kebiasaan di bawah ini dapat membantu Anda mengurangi timbulnya jerawat baru.

  • Kurangi kebiasan makan yang tidak sehat

Salah satu penyebab jerawat adalah dikarenakan konsumsi makanan yang tidak sehat seperti mengandung terlalu banyak gula sintetis atau minyak. Makanan yang biasa disebut dengan junk food ini akan memperburuk kondisi organ tubuh termasuk kesehatan kulit. Oleh karena itu, lakukan perawatan wajah berjerawat dengan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kulit seperti buah dan sayur.

  • Biasakan tidur yang cukup

Penyebab lain timbulnya jerawat adalah kurang tidur. Tidur yang cukup yaitu kurang lebih selama 8-10 jam sangat penting. Hal ini dikarenakan ketika tidur, tepatnya pada pukul 10 malam hingga 2 pagi, tubuh akan melakukan proses pembaharuan dan pemulihan seluruh organ tubuh, termasuk kulit. Jadi, jika Anda melewatkan waktu tersebut, kulit Anda tidak bisa mengalami regenerasi dan rentan terhadap jerawat.

  • Hindari kebiasaan menyentuh bagian wajah dengan tangan

Mungkin Anda sering melakukan kebiasaan ini tanpa sadar, terutama ketika wajah Anda merasa gatal. Akan tetapi, sebisa mungkin biasakan untuk menghindarinya. Tangan Anda mungkin sudah menyentuh berbagai macam permukaan barang yang kotor dan penuh bakteri. Bayangkan jika tangan Anda tersebut menyentuh wajah! Mengerikan, bukan? Jika Anda merasakan gatal di bagian wajah, gunakan tisu bersih untuk mengusapnya secara perlahan saja.

  • Selalu gunakan pelembab dan krim pelindung dari sinar matahari (sun screen)

Kondisi kulit berjerawat biasanya kering sehingga rentan terhadap bakteri penyebab jerawat. Biasakan lakukan perawatan wajah berjerawat dengan gunakan pelembab wajah untuk membantu melembabkan kulit yang kering. Selain itu, menggunakan krim pelindung sinar matahari sebelum beraktivitas di luar ruangan membantu mencegah radiasi akibat sinar UV.

Terhindar dari wajah yang berjerawat bukanlah hal yang mustahil. Yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui bagaimana cara mengatasinya dan membiasakan kebiasaan rutin yang baik dalam menunjang kondisi kulit sehat Anda. Ikuti tips dan saran di atas sebagai bagian dari perawatan wajah berjerawat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *