Obat Jerawat Paling Ampuh Mengatasi Wajah Berjerawatmu

Posted on

Jerawat merupakan salah satu hal yang paling menjengkelkan, terutama ketika tumbuh di bagian wajah. Bukan hanya mengganggu penampilan, tetapi sering jerawat akan terasa sakit dan gatal. Oleh karena itu, Anda mungkin berusaha mencari segala macam perawatan wajah untuk bisa mengatasi masalah jerawat sesegera mungkin. Salah satunya adalah dengan menggunakan obat-obatan. Berikut adalah daftar beberapa obat jerawat ampuh yang mungkin dapat Anda beli di apotik terdekat.

Obat Jerawat Paling Ampuh Mengatasi Wajah Berjerawatmu

  1. Benzoil peroksida

Benzoil peroksida merupakan salah satu obat jerawat ampuh yang dapat diperoleh dengan mudah dalam bentuk gel, lotion, cair dan sabun di apotik maupun toko terdekat. Obat ini memiliki fungsi untuk mencegah penyumbatan pori-pori kulit, sehingga dapat menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Jika dalam bentuk gel atau lotion, Anda hanya perlu mengoleskan sedikit (sekitar sebesar biji jagung) ke bagian jerawat. Sedangkan, apabila dalam bentuk sabun dapat digunakan secara rutin ketika mandi.

Produk benzoil peroksida dapat ditemukan dengan berbagai konsentrasi, mulai dari 2.5% sampai dengan 10%. Sebagai penggunaan awal, disarankan untuk menggunakan konsentrasi terendah untuk melihat bagaimana kulit Anda bereaksi. Hal ini dikarenakan benzoil peroksida memiliki beberapa efek samping, seperti kulit kering dan terasa agak hangat dengan sensasi geli atau pedas. Sedangkan, jika digunakan dengan konsentrasi yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kulit terasa terbakar, kemerahan, bahkan bengkak. Jika hal ini terjadi Anda perlu segera menghubungi dokter.

  1. Sulfur

Sulfur tersedia dalam berbagai jenis produk, mulai dari krim, pembersih wajah, minyak, dan masih banyak lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa sulfur memiliki bau yang menyengat seperti telur busuk, sehingga sebaiknya Anda mungkin perlu mempersiapkan campuran pewangi alami untuk mengurangi baunya. Bagaimanapun, sulfur tetaplah salah satu obat jerawat ampuh untuk merawat wajah berminyak dan berjerawat Anda.

Sulfur berfungsi seperti busa yang menyerap minyak keluar dari pori-pori kulit yang tersumbat. Fungsi ini membuat pori-pori tidak akan menjadi tempat bagi bakteri untuk bersarang dan menyebabkan jerawat. Sulfur juga akan membuat jerawat yang telah tumbuh menjadi cepat kering. Selain itu, sulfur juga memastikan bahwa produksi sebum (minyak alami di bawah kulit) tetap seimbang dan tidak berlebih untuk mencegah penyumbatan pori-pori kulit.

Sulfur dalam bentuk krim atau minyak dapat digunakan secara langsung dengan cara mengoleskan ke bagian wajah yang berjerawat dengan menggunakan korek kuping. Ingat, jangan celupkan korek kuping yang sudah digunakan sebelumnya untuk kedua kali. Hal ini untuk menghindari tercampurnya bakteri jerawat ke produk sulfur Anda.

  1. Asam salisilat

Apa Anda sudah sering mendengar tentang obat satu ini? Asam salisitas merupakan obat jerawat ampuh untuk mengatasi jerawat yang kemerahan dan meradang yang tersedia dalam bentuk krim, lotion dan sabun wajah. Asam salisilat memiliki sifat yang menenangkan terutama bekerja lebih baik pada kulit wajah yang kering. Komponennya yang asam akan membantu mengelupas lapisan kulit terluar kemudian menggantinya dengan yang baru, sehingga bekas jerawat akan cepat tersamarkan. Selain itu, produk ini juga memiliki efek utama untuk melawan inflamasi akibat jerawat dan membuka pori-pori kulit yang tersumbat dari segala kontaminan, termasuk sel-sel kulit mati. Fungsi ini juga membuat asam salisilat berguna untuk mengatasi komedo.

  1. Retinoid

Retinoid, termasuk retinol dan Retin-A merupakan turunan dari vitamin A yang biasanya tersedia dalam bentuk topikal. Kandungan vitamin A pada retinoid merupakan obat jerawat ampuh dalam mengurangi jerawat dengan cara mengubah reaksi minyak di kulit. Maksudnya, komponen ini akan menghentikan produksi sebum yang berlebih agar tidak menyumbat pori-pori kulit. Apabila minyak di kulit minimal, maka bakteri tidak dapat tumbuh dan wajah akhirnya bebas jerawat. Dengan kata lain, retinoid tidak secara langsung membunuh bakteri. Oleh karena itu, biasanya retinoid akan digunakan secara bersamaan dengan anti-biotik agar dapat mengatasi jerawat dengan lebih maksimal.

Perlu dicatat, retinoid akan membuat kulit wajah Anda sensitif terhadap sinar matahari, sehingga sangat disarankan untuk digunakan pada malam hari. Pada siang hari pun sangat dianjurkan untuk menggunakan krim pelindung matahari untuk mencegah timbulnya iritasi di kulit.

  1. Antibiotik

Antibiotik merupakan obat jerawat ampuh yang tersedia dalam bentuk topikal dan oral. Tetapi, biasanya produk antibiotik oral yang banyak digunakan dan disarankan oleh dokter. Antibiotik oral berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dari dalam tubuh. Selain itu, antibiotik juga akan mengurangi inflamasi yang memperparah jerawat sehingga bekas jerawat juga dapat berkurang.

Antibiotik merupakan obat jerawat yang hanya dapat dibeli dengan menggunakan resep dari dokter. Hal ini dikarenakan penggunaan antibiotik dalam jangka waktu panjang akan berbahaya bagi tubuh. Biasanya, antibiotik hanya diberikan untuk mengatasi jerawat yang sudah sangat parah sehingga tidak dapat diatasi dengan penggunaan obat jerawat biasa. Selalu perhatikan cara minum sesuai dengan anjuran karena beberapa antibiotik harus diminum sebelum makan.

  1. Pil KB

Khusus bagi wanita dewasa, pil KB dapat menjadi alternatif obat jerawat ampuh. Hal ini dikarenakan, jerawat dapat tumbuh disebabkan oleh hormon yang berfluktuasi secara tidak teratur terutama ketika memasuki masa menstruasi. Nah, Pil KB memiliki komponen yang berfungsi untuk mengontrol siklus menstruasi dimana produksi hormon androgen diubah sehingga produksi minyak dapat berkurang. Dengan demikian, bagi Anda yang sering mengalami jerawat paling sering ketika periode menstruasi tiba, maka pil KB patut untuk dicoba dengan mengikuti saran dari dokter.

  1. Isotretinoin

Jika penggunaan terapi lain termasuk obat-obatan di atas tidak memberikan hasil berarti, maka cara terakhir Anda bisa menggunakan isotretinoin. Pengobatan dengan cara oral ini biasanya berfungsi untuk mengatasi jerawat yang sudah sangat parah dan mengalami peradangan. Isotretinoin merupakan obat jerawat ampuh dalam mengancurkan kelenjar minyak yang tidak wajar di bawah kulit yaitu tempat dimana jerawat terbentuk. Biasanya, setelah penggunaan selama 4 hingga 7 bulan, produksi minyak di wajah akan lebih normal sehingga frekuensi jerawat yang tumbuh dapat berkurang. Produk isotretinoin dapat dibeli dengan sebutan Claravis, Sotret, atau Amnesteem.

Walaupun isotretinoin merupakan obat jerawat ampuh dalam mengatasi jerawat, namun dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya yaitu kecacatan pada bayi. Oleh karena itu, biasanya pengguna obat ini akan diminta untuk mengikuti program khusus dimana pengguna akan berjanji menggunakan 2 jenis pengendalian kelahiran dan mengikuti tes kehamilan setiap bulannya. Pengguna juga diharuskan untuk menunggu sekitar 3 bulan sebelum diperbolehkan untuk hamil.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan obat-obatan penghilang jerawat di atas adalah efek samping. Jika Anda mengalami iritasi setelah penggunaan, segera hubungi dokter untuk mengecek kondisi Anda. Hal ini dikarenakan setiap kulit akan mengalami reaksi yang berbeda-beda di setiap obat yang digunakan. Di samping itu, penggunaan obat juga perlu diikuti dengan kebiasaan yang baik seperti tidur yang cukup, mengurangi level stress, mengonsumsi makanan yang sehat kaya akan antioksidan.

Jadi, dari daftar di atas, mana obat jerawat paling ampuh di apotik mampu mengatasi tipe jerawat Anda?

Pencarian Populer:

  • obat dokter pembasmi jerawat secara permanen pada wajah pria
  • pengobatan jerawat dengan campuran sulfur dan asam salisilat

2 thoughts on “Obat Jerawat Paling Ampuh Mengatasi Wajah Berjerawatmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *