Kenali Apa Penyebab Jerawat dan Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Jerawat

Posted on

Jerawat merupakan salah satu masalah yang paling mengganggu. Jerawat tak hanya ditemui pada wanita saja. Kaum pria pun mengalami hal serupa, terutama setelah mengalami masa pubertas. Jerawat menjadi musuh utama bagi siapa saja karena dapat mempengaruhi penampilan. Lantas, apa penyebab jerawat itu? Ada banyak sekali yang menyebabkan jerawat bisa tumbuh subur di wajah Anda. Biasanya disebabkan oleh adanya reaksi kimia karena penggunaan obat kimia yang tidak cocok. Selain itu penyebab jerawat juga dapat dikarenakan kebiasaan-kebiasaan yang kurang diperhatikan dan bisa menyebabkan jerawat tumbuh subur. Bagi Anda yang memiliki masalah mengenai jerawat, yuk intip penyebab dan kebiasaan apa sajakah yang bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat sehingga bisa dihindari agar jerawat tidak lagi menempel di wajah.

apa penyebab jerawat

Kenali Faktor Apa Penyebab Jerawat

Secara umum, jerawat pada wajah dibedakan menjadi dua yaitu jerawat batu dan jerawat pasir. Jerawat batu merupakan jerawat yang memiliki ciri-ciri keras dan tidak bermata. Sedangkan pada jerawat pasir, jerawat ini cenderung berukuran kecil dan memiliki mata sehingga dapat dengan mudah diusir. Kedua jerawat ini tidak bisa dianggap enteng karena sangat mengganggu. Apa penyebab jerawat bisa muncul di wajah Anda, berikut ini penjelasannya.

  • Faktor hormonal

Salah satu penyebab utama mengapa bisa timbul jerawat pada wajah yaitu karena adanya faktor hormon. Biasanya terjadi pada kaum Hawa pada saat akan mengalami menstruasi dan saat hamil. Faktor perubahan kadar hormon bisa menyebabkan timbulnya jerawat karena tidak seimbangnya hormon pada tubuh. Saat Anda akan menstruasi, biasanya salah satu kode alami tubuh Anda yaitu dengan adanya jerawat yang timbul. Selain itu, pada saat masa kehamilan, jerawat juga sering muncul karena adanya sindrom ovarium polikistik. Sindrom ini menyebabkan munculnya jerawat pada wajah. Seiring dengan kenaikan berat badan saat hamil juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Faktor hormonal ini sangat jarang ditemukan pada pria. Karena pria tidak mengalami perubahan hormon.

  • Stress

Apa penyebab jerawat selanjutnya? Ya, stress dan depresi. Stress dan depresi yang diakibatkan karena terlalu banyak pikiran ternyata menjadi salah satu penyebab jerawat pada pria maupun wanita. Jerawat bisa timbul akibat stress karena adanya penegangan pada otot yang bisa membuat produksi kelenjar minyak menjadi lebih banyak. Produksi minyak yang terlalu tinggi bisa membuat bakteri mudah menempel pada kulit wajah. Selain itu, debu dan kotoran selama beraktivitas diluar rumah juga bisa menyebabkan masalah timbulnya jerawat yang satu ini.

  • Masa Pubertas

Masa pubertas atau masa peralihan menuju remaja ini menjadi penyebab timbul jerawat kecil di wajah. Apa penyebab jerawat karena masa pubertas? Masa pubertas biasanya ditandai dengan adanya produksi sebum atau zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak agar kulit tidak kering dan produksi minyak berlebih pada wajah sehingga pada masa pubertas seringkali kurang dilakukan perawatan intensif akan terjadinya jerawat. Seiring tingginya produksi kelenjar minyak dan produksi hormon testosteron yang tinggi dapat menjadi penyebab jerawat pada pria.

  • Keturunan

Selain disebabkan oleh faktor-faktor diatas, apa penyebab jerawat yang lainnya? Jerawat bisa muncul karena faktor keturunan. Misalnya saja, keluarga Anda memiliki masalah jerawat yang cukup parah, keturunan selanjutnya baik anak dan cucunya bisa memiliki risiko besar memiliki masalah pada jerawat. Bahkan dengan tingkat keparahan tertentu, jerawat bisa terus timbul meskipun Anda sudah dewasa. Faktor keturunan yang lainnya yaitu disebabkan oleh jenis kulit. Jenis kulit wajah yang berbeda-beda pada setiap orang juga bisa disebabkan karena faktor keturunan. Contohnya, sebagian besar keluarga Anda memiliki kulit wajah yang cenderung berminyak, ternyata hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor mengapa Anda memiliki jenis kulit wajah yang sama.

  • Obat-obatan

Apa penyebab jerawat hanya sebatas faktor-faktor diatas? Ternyata, penyebab lain timbulnya jerawat yaitu dari obat-obatan yang sering dikonsumsi. Bagi Anda yang sering mengkonsumsi obat antiepilepsi, lihium steroid, serta suplemen vitamin yang mengandung B2, B12, dan B6, bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Karena obat merupakan salah satu racun sehingga efek yang ditimbulkan bisa menjadi jerawat yang meradang.

Setelah mengetahui apa penyebab jerawat, kebiasaan-kebiasaan yang berkaitan dengan pola hidup yang kurang diperhatikan juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Beberapa kebiasaan berikut ini harus Anda hindari agar tidak menyebabkan timbulnya jerawat pada pria maupun wanita.

Hindari Kebiasaan Ini agar Terhindar dari Jerawat

bakteri penyebab jerawat

  • Jangan meletakkan tangan pada wajah atau jerawat

Saat jerawat timbul di wajah Anda, Anda tentu merasa gemas dan ingin memencet jerawat tersebut bukan? Padahal kebiasaan ini bisa memicu timbulnya jerawat lebih banyak. Mengapa penyebab jerawat bisa muncul karena memencet jerawat? Saat melakukan aktivitas, Anda pasti secara tidak sadar akan meletakkan tangan Anda pada wajah baik sekedar untuk menggaruk karena gatal akibat jerawat maupun hal lainnya. Padahal tangan Anda kotor setelah memegang beberapa barang. Tangan mengandung bakteri serta kotoran yang cukup banyak. Sehingga hal inilah yang bisa menyebabkan jerawat menjadi lebih banyak.

  • Cuci Muka 2x

Nah, mengapa penyebab jerawat bisa muncul karena tidak cuci muka? Cuci muka merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan untuk membersihkan wajah dari debu, kotoran, dan minyak berlebih. Penyebab utama dari jerawat yaitu bakteri, pori-pori tersumbat akibat debu dan kosmetik, penumpukan sel kulit mati hingga produksi minyak berlebih pada wajah. Nah, semua penyebab tersebut bisa dihilangkan atau dikurangi dengan cara cuci muka minimal 2x sehari. Sehingga kulit wajah menjadi bersih, jerawatpun hilang.

  • Hindari Stress

Sudah Anda ketahui bukan apa penyebab jerawat pada pria maupun wanita? Yaitu karena stress dan depresi. Sehingga menghindari stress merupakan cara terbaik untuk mengurangi jerawat. Pada saat stress, tidak hanya otot wajah saja yang menegang, tetapi terdapat reaksi kimia yang bisa memicu produksi hormon yang menyebabkan jerawat meningkat. Sehingga kebiasaan memikirkan masalah terlalu lama bukannya mengurangi masalah malah menimbulkan masalah lainnya. Salah satunya yaitu jerawat.

  • Kurang Minum Air Putih

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh banyak orang yaitu kurang mengkonsumsi air putih. Padahal, air putih dapat membantu untuk proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun yang terdapat pada tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih yang banyak, peredaran darah menjadi lebih lancar sehingga penyebab timbulnya jerawat di pipi dan bagian wajah lainnya bisa dihindari.

Nah, itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan jerawat serta kebiasaan-kebiasaan yang secara tidak sadar bisa menimbulkan banyak jerawat. Dengan mengetahui apa penyebab jerawat, maka produksi jerawat bisa dihindari dengan menghindari kebiasaan buruk diatas. Selain itu, obat jerawat yang cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat yaitu menggunakan bahan-bahan alami dari alam. Sehingga selain ampuh, efek yang diakibatkan juga tidak terlalu parah.

Save

Pencarian Populer:

  • rambut rontok jerawat hormon
  • ciri ciri rambut rontok karena jerawat
  • musuh utama jerawat