Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Cara Alami

Posted on

Menghilangkan jerawat batu terkadang cukup merepotkan, menimbulkan rasa sakit, atau bahkan membutuhkan banyak biaya, sehingga banyak orang yang membiarkan jerawat batu tersebut hingga jumlahnya semakin banyak. Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang berukuran lebih besar akibat adanya peradangan yang sangat hebat di area sekitar jerawat, sehingga jerawat tampak lebih besar dibandingkan dengan ukuran jerawat pada umumnya. Selain itu, jerawat batu menimbulkan rasa yang sangat sakit hingga di daerah-daerah sekitar jerawat akibat peradangan tersebut. Oleh sebab itu, munculnya jerawat batu akan sangat mengganggu bahkan dapat merusak penampilan siapapun yang mengalaminya. Bahkan bekas jerawat batu tersebut sangat sulit dihilangkan karena bentuknya yang sedikit menonjol dan berwarna hitam.

Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Cara Alami

Jika Anda mengalami masalah jerawat batu maupun jerawat jenis apapun, jangan pernah menghilangkannya dengan cara memencet atau memecahkan jerawat tersebut, apalagi menggunakan kuku atau benda-benda tidak steril lainnya. Karena memecahkan jerawat dengan benda-benda yang tidak steril justru dapat memperparah peradangan. Jerawat juga justru akan tumbuh lebih banyak lagi. Selain itu, cara menghilangkan jerawat batu dengan memecahkan jerawat secara paksa bukannya dapat menghilangkan jerawat, justru malah membuat bekas jerawat berwarna hitam dan cukup besar serta sulit dihilangkan. Memencet atau memecahkan jerawat juga menyebabkan bekas jerawat menjadi lebih dalam atau bopeng. Jika sudah begitu, wajah menjadi tidak mulus dan tidak bisa kembali mulus seperti semula.

Penyebab Jerawat Batu

Jerawat batu memang sangat memperburuk penampilan. Oleh sebab itu, Anda harus tahu apa saja penyebab muculnya jerawat batu, yaitu sebagai berikut:

  • Faktor keturunan. Jika dahulu orang tua Anda pernah mengalami jerawat batu, maka bisa jadi Anda juga akan mengalami jerawat batu. Karena jerawat batu disebabkan oleh kelenjar minyak yang berlebih atau kelenjar minyak over aktif yang bisa menurun ke Anak jika sudah remaja nantinya.
  • Kurang menjaga kebersihan. Munculnya jerawat juga bisa disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan terutama kebersihan wajah. Jerawat batu akibat kurangnya menjaga kebersihan tidak serta merta muncul bersamaan, karena awalnya akan muncul jerawat kecil atau jerawat berukuran normal terlebih dahulu.
  • Pertumbuhan sel kulit yang tidak normal. Pertumbuhan sel kulit seharusnya menyebabkan kulit lama beregenerasi menjadi kulit baru kembali. Namun, jika kondisi kulit Anda tidak normal, maka sel kulit mati akan semakin banyak karena tidak beregenerasi dengan baik. Akibatnya terjadi peradangan yang menimbulkan jerawat batu.
  • Kulit wajah sensitif terhadap radang. Kulit yang sensitive biasanya lebih peka terhadap adanya peradangan, apalagi jika peradangan tersebut cukup banyak, misalnya kulit wajah yang sering berjerawat. Kulit wajah yang sering berjerawat biasanya merupakan kulit yang sensitif dan diakibatkan akibat terjadinya penyumbatan pori-pori wajah, sehingga menimbulkan jerawat.

Cara Alami Menghilangkan Jerawat Batu

Cara menghilangkan jerawat batu dapat dilakukan menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut ini:

  • Menggunakan bawang putih. Cara menghilangkan jerawat batu menggunakan bawang putih untuk mengatasi jerawat batu yaitu, yang pertama potong kecil-kecil terlebih dahulu bawang putih tersebut, kemudian tempelkan potongan bawang putih tersebut di wajah yang ditumbuhi jerawat. Tunggu hingga beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih. Bawang putih dipercaya berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan jerawat batu yang baru dan dapat menghentikan proses peradangan atau menghalau munculnya jerawat batu. Gunakan bawang putih ini secara rutin hingga jerawat batu mulai hilang.
  • Menggunakan mengkudu. Menggunakan mengkudu sebagai cara menghilangkan jerawat batu dapat dilakukan dengan cara memblender buah mengkudi tersebut, kemudian tambahkan gula secukupnya. Setelah itu, panaskan mengkudu yang telah diblender tadi hingga mendidih, kemudian minumlah selagi hangat. Cara ini merupakan cara pengobatan dari dalam. Khasiat buah mengkudu sangat baik untuk membersihkan darah kotor pada wajah, sehingga menghalau pertumbuhan jerawat. Untuk hasil yang maksimal, kombinasikan pengobatan buah mengkudu ini dengan pengobatan luat langsung ke jerawat batu yang dimiliki.
  • Menggunakan kentang. Menggunakan kentang sebagai cara menghilangkan jerawat batu yaitu dengan cara memakainya sebagai masker. Terlebih dahulu blender kentang hingga halus, kemudian oleskan diwajah hingga merata sebagai masker. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit dan bilas wajah dengan menggunakan air hangat hingga bersih.
  • Menggunakan tanaman mahkota dewa. Tanaman mahkota dewa terutama buahnya biasanya digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Namun ternyata tanaman ini juga memiliki khasiat sebagai cara menghilangkan jerawat batu. Tanaman mahkota dewa banyak mengandung anti iritan dan anti radang, sehingga ampuh untuk membasmi jerawat. Bagian tanaman yang diperlukan yaitu buah, daun, atau umbinya. Cara menggunakannya sangat mudah, haluskan saja buah, daun atau umbi tanaman tersebut, kemudian tempelkan pada wajah yang berjerawat. Lakukan secara rutin hingga jerawat batu menghilang.
  • Menggunakan sindaguri. Cara menghilangkan jerawat batu dengan sindaguri dilakukan dengan cara merebus sindaguri dengan 2 atau 3 gelas air hingga mendidih. Setelah itu, angkat air rebusan sindaguru dari kompor, kemudian posisikan wajah berada diatas uapan air. Penguapan ini bertujuan untuk membuka pori-pori wajah dan mengeluarkan kotoran penyebab jerawat yang menyumbat pori-pori. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin sebanyak 1 atau 2 kali sehari.

Cara menghilangkan jerawat batu seperti yang telah dijelaskan diatas memang sangat mudah dan bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan. Namun sebenarnya lebih baik mencegah daripada mengobati. Oleh sebab itu, lakukan beberapa cara pencegahan jerawat batu berikut ini:

  • Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan memang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulit karena banyak vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.
  • Selalu menjaga kebersihan wajah dengan cara mencuci wajah setelah menggunakan kosmetik, setelah terpapar debu dan asap serta sebelum tidur. Membersihkan wajah juga harus dilakukan secara rutin. Jika wajah dirasa tidak terlalu kotor, maka cukup mencuci wajah menggunakan air saja tanpa harus menggunakan sabun.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan kosmetik. Jika hendak menggunakan kosmetik, wajah harus dalam keadaan netral atau bebas dari kotoran. Karena jika wajah tidak dibersihkan terlebih dahulu, kotoran akan terdorong ke dalam pori-pori oleh kosmetik yang dipakai, sehingga justru akan menimbulkan peradangan dan menyebabkan tumbuhnya jerawat.
  • Perbanyaklah minum air putih. Minum air putih selain berkhasiat untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, tetapi juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Karena mineral juga dibutuhkan kulit sebagai anti oksidan dan membuat kulit tidak kering termasuk kulit wajah.
  • Hindari makanan berlemak dan berkolesterol tinggi. Karena makanan berlemak atau berkolesterol tinggi akan memicu munculnya jerawat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menghilangkan jerawat batu dan cara mencegahnya secara alami untuk dapat Anda terapkan. Jagalah kesehatan tubuh dengan gaya hidup makan makanan sehat, dengan begitu kesehatan kulit pun juga akan terjaga.

Pencarian Populer:

  • penyebab jerawat batu dan cara menghilangkannya