Mengatasi Jerawat Batu dengan Berbagai Cara

Posted on

Jerawat merupakan masalah yang pasti dilalui setiap orang, termasuk ketika mengatasi jerawat batu pada permukaan kulit wajah. Jerawat batu meninggalkan bekas yang lebih parah pada kulit wajah ketimbang jerawat biasa. Ini dikarenakan jerawat batu letaknya lebih dalam dibandingkan jerawat biasa. Jerawat batu dalam dunia ilmiah dikenal dengan cystic acne atau secara harfiah adalah jerawat ukuran besar. Bekas yang ditinggalkan jerawat batu tidak bisa benar-benar dihilangkan sampai 100%. Maka dari itu, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui beberapa faktor yang mampu menyebabkan jerawat batu. Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab munculnya jerawat batu.

cara mengatasi jerawat batu

Faktor penyebab munculnya jerawat batu

Sesuatu yang muncul ke permukaan pasti disebabkan oleh sesuatu yang lain, begitu pula dengan jerawat batu. Ia muncul keatas dari dalam kulit karena beberapa faktor berikut ini:

  • Gen (Keturunan)

Faktor genetic merupakan faktor yang diperoleh dari kedua orang tua. Mengatasi jerawat batu yang timbul karena faktor ini cukup sulit, karena kedua orang tua yang memiliki riwayat jerawat batu bandel ada kemungkinan anak mereka pun akan mengalami hal yang sama. Maka dari itu, disarankan untuk dapat menemukan cara mengatasi jerawat batu yang paling tepat sebelum menjadi orang tua. Sehingga masalah jerawat batu ini tidak diwariskan kepada keturunan.

  • Hormon

Perubahan atau naik turunnya hormon akan menjadi faktor penyebab yang sulit dihindari. Pasalnya, setiap orang pasti mengalami hal tersebut apalagi wanita. Perubahan hormon setiap bulan pada saat menstruasi mampu memicu timbulnya jerawat biasa dalam jumlah yang bisa dibilang menyebalkan, dapat pula memicu jerawat batu. Selain pada saat menstruasi, perubahan tingkat hormon saat masa kehamilan, mengkonsumsi pil KB dan mengalami stress yang berlebihan mampu memicu jerawat batu. Jika sudah merasa stress, Anda bisa mengatasi jerawat batu dengan mencari hiburan dengan bertamasya atau menonton TV.

  • Makanan dan Minuman

STOP mengkonsumsi makanan dan minuman yang berpengaruh buruk terhadap kulit Anda. Seperti misalnya makanan yang memiliki kandungan lemak dan karbohidrat tinggi, makanan tersebut akan memicu timbulnya jerawat batu. Cara mengatasi jerawat batu yang mungkin muncul karena ini adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang seperti itu.

  • Kosmetik

Jerawat muncul karena pori-pori yang tersumbat. Ketika Anda menggunakan kosmetik yang tidak cocok dengan kulit Anda, penyumbatan di pori-pori mampu memicu timbulnya jerawat, jerawat biasa maupun batu yang sulit dihilangkan.

  • UV light

Sinar matahari juga berperan penting dalam hal ini, terutama bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, sangat disarankan Anda memiliki dan menggunakan sunblock yang mengandung comodogenic. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan kulit wajah Anda secara rutin dan benar untuk menghilangkan noda dan kotoran dari luar.

Demikianlah faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat batu. Anda perlu mengetahui hal-hal tersebut, serta memahaminya sehingga bisa sedikit berupaya mencegah timbulnya jerawat batu. Akan lebih bagus lagi jika dengan memahami hal diatas, Anda jadi bisa menemukan cara mengatasi jerawat batu.

Pencegahan memang lebih baik ketimbang mengobati. Namun, jika jerawat batu sudah muncul ke permukaan dan mengganggu penampilan Anda, apalagi membuat Anda merasa sakit dan tidak nyaman, maka yang bisa Anda lakukan adalah mencari cara yang paling tepat untuk menyembuhkannya. Lalu adakah cara yang benar untuk menghilangkan jerawat batu? Tenang, tentu saja ada! Berikut ini adalah beberapa cara ampuh untuk mengatasi jerawat batu secara cepat dan tentunya tidak berbahaya bagi kulit Anda.

Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Batu dan Bekasnya

Setiap orang yang mengalami munculnya jerawat batu pasti menginginkan jerawat itu hilang. Namun, cara-cara yang dipakai untuk menghilangkan jerawat tersebut kadang belum tentu tepat, sehingga malah merusak jaringan kulit. Nah, berikut ini adalah beberapa cara ampuh yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat batu dan bekasnya agar tidak begitu merusak penampilan wajah Anda.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya sudah digunakan sejak dahulu untuk berbagai kegunaan alaminya. Seperti misalnya ia digunakan untuk memberikan nutrisi pada akar rambut agar tumbuh lebih kuat dan sehat. Namun, kegunaannya tidak hanya terbatas pada rambut saja tapi juga untuk perawatan kulit. Caranya mudah sekali, cukup dengan mengoleskan lendirnya pada kulit wajah yang bermasalah secara teratur pagi dan sore hari. Nanti, jerawat batu akan mengering dan mengelupas sendiri dari kulit Anda.

  • Jeruk Nipis

Buah yang satu ini tidak hanya digunakan untuk minuman ataupun bumbu masakan saja, tapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat yang keras. Caranya, Anda hanya perlu menyediakan 3 buah jeruk nipis yang dipotong menjadi dua, lalu oleskan setiap potongannya ke area jerawat batu. Diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dibilas dengan air.

  • Tomat

Buah yang satu ini juga bisa dipakai untuk mengatasi jerawat batu. Caranya mudah sekali, cukup dengan mengirisnya menjadi 2, lalu oleskan secara merata pada permukaan wajah. Sebelum Anda bilas dengan air bersih, diamkan dulu selama kurang lebih 15 menit.

  • Mentimun

Cara mengatasi jerawat batu berikutnya adalah dengan mentimun. Kali ini, tidak dengan mengirisnya menjadi dua lalu sekadar mengoleskannya pada wajah. Namun, mentimun dapat Anda gunakan sebagai masker alami. Masker mentimun juga dapat mencerahkan dan mengencangkan wajah Anda. caranya, iris tipis-tipis mentimun dan tempelkan mentimun ke seluruh permukaan wajah. Anda perlu mendiamkannya selama 20-30 menit sebelum membersihkan wajah dengan air hangat.

  • Madu

Madu sudah sejak lama digunakan untuk berbagai macam hal alamiah. Seperti mengobati bibir yang kering, mencerahkan warna bibir maupun mengobati batuk dengan campuran air hangat dan lain-lainnya. Madu juga dapat mengatasi jerawat batu dengan dibuat menjadi masker. Caranya, oleskan madu pada wajah lalu diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Kekayaan vitamin dan nutrisi yang dikandung oleh madu niscaya akan membantu anda mengatasi jerawat-jerawat yang sulit dihilangkan itu.

  • Olive oil (Minyak Zaitun)

Minyak zaitun sudah sejak lama digunakan untuk keperluan pada wajah. Ia dapat dipakai untuk membersihkan wajah, juga sebagai pelembab wajah agar tidak kering. Ketika kulit wajah kering, pori-pori jadi lebih mudah tersumbat kotoran sehingga menimbulkan jerawat, biasa maupun batu. Dengan menggunakan minyak zaitun sebagai masker, vitamin dan kandungan baik minyak zaitun mampu membantu Anda mengurangi jerawat batu pada permukaan kulit wajah. Masker minyak zaitun ini cukup dipakai sekali saja selama satu minggu.

  • Air putih

Semua orang tahu bahwa air putih merupakan obat yang paling mujarab. Air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena sekitar 75% bagian tubuh kita adalah air. Penyakit ringan seperti sariawan ataupun radang biasanya muncul karena kurang mengkonsumsi air putih, begitupun sebaliknya dapat disembuhkan dengan air putih. Dengan meminum banyak air putih, peredaran darah dikulit kita akan semakin lancar sehingga lama-kelamaan jerawatpun akan ikut menghilang.

2 thoughts on “Mengatasi Jerawat Batu dengan Berbagai Cara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *