Penyebab Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya

Posted on

Penyebab jerawat batu terkadang menjadi hal yang membuat banyak orang penasaran. Ya, jerawat batu memang menjadi masalah kulit paling menyebalkan bagi sebagian orang, terlebih bagi wanita. Jerawat sendiri umumnya disebabkan oleh kadar minyak wajah yang berlebih atau sebum yang bercampur dengan kotoran yang ada di wajah. Sebum dan kotoran kemudian menyumbat pori-pori wajah dan kemudian menyebabkan jerawat muncul. Namun, jerawat batu berbeda dengan jerawat biasa. Lalu, apa yang membedakan jerawat batu dengan jerawat biasa pada umumnya?

Penyebab jerawat batu

Perbedaan Jerawat Batu dan Jerawat Biasa

Jerawat Biasa

Jerawat biasa yaitu jerawat yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Jenis jerawat seperti ini sering juga disebut jerawat klasik. Jerawat biasa umumnya berbentuk benjolan kecil dengan warna merah muda. Penyebab dari munculnya jerawat biasa yaitu tersumbatnya pori-pori kulit oleh kotoran di wajah atau bakteri.

Jerawat Batu

Selain jerawat klasik, jerawat lainnya yang sering dialami adalah jerawat batu. Jerawat jenis ini biasanya akan lebih besar dari jerawat klasik, jerawat pasir, atau jenis jerawat lainnya. Itulah mengapa jerawat jenis ini sering sekali disebut jerawat batu.  Tidak seperti jerawat klasik, penyebab jerawat batu tidak hanya disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori. Lalu, apa penyebab jerawat batu sebenarnya?

Penyebab Jerawat Batu Di Wajah

Jerawat batu atau sering dikenal dengan cystic acne merupakan jenis jerawat yang ukurannya lebih besar dari jerawat biasanya. Jerawat ini biasanya muncul di pipi dan di hidung. Penyebab jerawat batu di pipi atau di hidung ini umumnya berbeda-beda. Banyak faktor penyebab jerawat batu muncul di area wajah. Munculnya jerawat ini jauh lebih menyakitkan dari jerawat biasa. Ini dia beberapa hal penyebab jerawat batu.

  1. Faktor Bawaan / Genetik

Salah satu hal yang menjadi alasan jerawat batu muncul adalah faktor bawaan keluarga. Dari sekian banyak penyebab jerawat ini muncul, faktor genetik dapat dibilang merupakan faktor utama. Jika di keluarga kamu ada yang mempunyai jenis kulit berminyak atau berjerawat, hal ini bisa menurun kepada kamu. Jerawat batu mudah sekali muncul pada jenis kulit berminyak.

  1. Kosmetik

Penyebab lainnya yang membuat jerawat batu muncul yaitu pemakaian kosmetik dalam jangka waktu lama. Jika kamu salah satu penggemar kosmetik, segeralah untuk membersihkan kosmetik jika sudah tidak diperlukan lagi. Jangan pernah lupa untuk membersihkan kosmetik kamu, terlebih jika kosmetik yang kamu gunakan tebal. Kosmetik yang lupa dibersihkan biasanya akan membuat jerawat batu muncul lebih mudah. Hal ini disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh kosmetik kamu. Selain untuk tidak lupa membersihkan make up, kamu juga harus menjaga kebersihan alat kosmetik kamu seperti sponge, brush, dan lainnya.

  1. Kondisi Psikologis

Banyak orang yang mengatakan bahwa jerawat batu juga bisa muncul karena faktor psikologis dari orang tersebut. Kondisi psikologis yang stress akan lebih mudah membuat jerawat batu muncul. Hal ini bisa terjadi karena otot wajah kamu akan menjadi tegang dan akhirnya membuat produksi sebum meningkat. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari memikirkan masalah berlebih hingga stress.

  1. Makanan

Penyebab jerawat batu lainnya adalah makanan. Namun, tidak semua makanan menjadi penyebab jerawat batu muncul. Makanan penyebab jerawat batu biasanya merupakan makanan cepat saji atau junk food yang berminyak dan berlemak. Sering mengonsumsi makanan cepat saji bisa memicu jerawat batu muncul. Jadi, ada baiknya jika kamu mengonsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran, buah-buahan, dan lainnya.

  1. Sinar Matahari

Kelebihan paparan sinar matahari juga bisa menjadi pemicu jerawat batu muncul. Penggunaan sunblock saat beraktivitas di luar bisa menjadi cara untuk mencegah jerawat batu muncul.

  1. Kebersihan Kulit

Hal lain yang menjadi penyebab jerawat batu muncul yaitu kebersihan kulit kamu sendiri. Kulit yang jarang dibersihkan akan membuat jerawat mudah muncu. Bersihkanlah wajah kamu setidaknya 2 kali setiap hari dengan sabun wajah. Pemilihan sabun wajah juga harus diperhatikan dalam hal ini. Membersihkan wajah setiap hari akan membuat sel kulit mati, minyak, kotoran, debu, bakteri yang menempel di wajah hilang.

  1. Sel Kulit Tidak Normal

Tumbuhnya sel kulit tidak normal pada wajah juga bisa menjadi alasan jerawat batu muncul. Sel kulit tidak normal bisa membuat terhambatnya regenerasi sel.

Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat Batu

Dalam kasus penyebab jerawat batu di wajah, umumnya jenis jerawat seperti ini sangat sulit untuk dihilangkan. Jerawat yang biasanya muncul dengan sakit yang luar biasa dari jerawat biasa ini akan lebih cenderung membuat bekas jerawat sulit hilang. Jerawat batu umumnya akan meninggalkan bekas seperti flek hitam atau bopeng. Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu coba untuk menghilangkan dan mencegah jerawat ini.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Bahan Alami
  • Tomat

Tomat selain sehat untuk tubuh ternyata juga bisa digunakan untuk pengobatan jerawat batu. Kamu bisa menggunakan tomat sebagai masker atau cukup usapkan tomat ke area yang jerawat secara merata. Biarkan hingga 10 menit dan bilaslah dengan air yang hangat.

  • Timun

Timun sudah dikenal sejak lama sebagai obat alami untuk jerawat. Hal yang harus dilakukan yaitu bersihkan timun dan iris menjadi beberapa bagian. Tempelkan irisan tersebut di wajah kamu yang berjerawat. Lakukanlah hal ini berulangkali setiap hari.

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C juga bisa membantu kamu menghilangkan jerawat. Cukup oleskan air perasan jeruk nipis di area wajah yang berjerawat. Biarkan selama kurang lebih 5 hingga 10 menit, lalu bilaslah dengan air bersih.

  • Madu & Telur

Campuran madu dan telur bisa membantu kamu menghilangkan jerawat batu. Siapkan sebutir telur, dan ambil bagian putihnya saja. Setelah itu, campurkanlah dengan madu sebanyak 1 sendok makan. Aplikasikan campuran tersebut pada area wajah yang memiliki jerawat. Selain untuk menghilangkan jerawat, campuran ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.

  • Kunyit & Jeruk

Baik kunyit dan jeruk keduanya memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kulit, yaitu dapat mengurangi peradangan dan juga infeksi kulit. Campurkan bubuk kunyit dan air jeruk, aduk hingga seperti gel. Lalu, oleskan ramuan tersebut di wajah selama 10 hingga 20 menit. Setelah kering, bilaslah dengan air bersih.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat batu. Cara tersebut merupakan cara yang aman tanpa efek samping, namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika kamu ingin cara yang lebih cepat, kamu bisa datang ke dokter atau skincare terpercaya untuk pengobatan.

Cara Mencegah Jerawat Batu Agar Tidak Muncul

Jerawat batu menjadi salah satu masalah kulit yang paling dihindari. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengetahui hal yang bisa mencegah jerawat batu muncul.

  • Jaga selalu kebersihan wajah. Rutinlah membersihkan wajah paling tidak dua kali setiap hari.
  • Hindari konsumsi makan-makanan cepat saji terlalu sering dan mulailah konsumsi makanan sehat. Selain itu, konsumsi air putih dengan cukup yaitu 2 liter setiap harinya.
  • Pilih dan gunakan kosmetik yang sesuai dan cocok dengan jenis kulit kamu. Jaga juga kebersihan kosmetik sebelum mengaplikasikannya.
  • Hindari terlalu lama terkena sinar matahari. Gunakanlah sunblock saat beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *