Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Bahan Alami

Posted on

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada rambut adalah kerontokan, sehingga cara-cara dalam mengatasi rambut rontok banyak dicari. Rambut rontok dapat menurunkan rasa percaya diri karena dapat menyebabkan kebotakan pada kepala. Seseorang umumnya akan mengalami kerontokan hingga seratus helai per hari. Kondisi ini termasuk normal karena rambut akan mengalami fase pertumbuhan. Khusus untuk kerontokan rambut pada pria dikenal sebagai alopesia androgenetik dalam dunia medis. Kondisi ini dikarenakan akar rambut yang terlalu peka terhadap salah satu hormon testosteron yaitu dihidrotestosteron atau DHT. Tingginya tingkat DHT dalam tubuh dapat membuat helai rambut menipis dan akhirnya rontok.

Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Bahan Alami

Kerontokan yang terjadi pada pria memiliki pola tersendiri, yaitu dimulai dari garis rambut yang mulai bergeser naik kemudian terjadinya penipisan rambut pada bagian ubun-ubun serta samping kepala. Sementara kerontokan rambut wanita biasanya akan akan terjadi dengan penipisan di bagian atas dari kepala saja. Penyebab kerontokan rambut wanita umumnya ialah perubahan hormon saat menopause, masa kehamilan serta akibat dari penggunaan alat kontrasepsi. Kerontokan rambut atau alopesia bisa dialami pria maupun wanita. Umumnya, kerontokan rambut akan mulai terjadi saat usia seseorang memasuki angka 30 hingga 40 tahun. Namun, ditemukan juga beberapa kasus di mana seseorang sudah mulai mengalami kerontokan sebelum memasuki usia 30 tahun, sehingga mengatasi rambut rontok harus dilakukan sejak dini pula.

Penyebab rambut rontok sangat beragam, mulai dari perubahan hormon, kekurangan asupan nutrisi protein, stres, trauma emosional serta beragam kondisi medis lain. Untuk mengetahui secara pasti penyebab kerontokan rambut, harus dilakukan pemeriksaan dokter. Cara mengatasi rambut rontok ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan. Ada beberapa bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi kerontokan rambut.

 

Lidah buaya

  • Pertama, kita bisa menggunakan aloe vera atau lidah buaya. Lidah buaya memang terkenal akan khasiatnya dalam menjaga kesehatan rambut, terutama rambut yang mengalami kerontokan. Mineral serta vitamin lengkap dalam lidah buaya bisa merangsang pertumbuhan rambut baru mulai dari akar hingga memperbaiki sel atau jaringan rambut yang telah rusak. Manfaat lain lidah buaya ialah menghitamkan rambut. Cara menggunakannya juga mudah. Ambil lidah buaya yang masih segar, belah menjadi dua dan ambil gelnya. Oleskan gel ke seluruh bagian kulit kepala setelah kita keramas. Diamkan selama kira-kira tiga puluh menit kemudian bilas hingga bersih.

teh hijau serta daun seledri

  • Mengatasi rambut rontok berikutnya bisa dilakukan dengan menggunakan teh hijau serta daun seledri. Teh hijau telah dikenal kaya akan antioksidan tinggi serta dapat melancarkan peredaran darah. Sementara daun seledri mengandung vitamin B, vitamin A dan juga zat besi yang bisa menguatkan rambut mulai dari akarnya. Menggunakan campuran teh hijau serta daun seledri juga bisa membuat rambut semakin berkilau. Siapkan handuk terlebih dahulu yang sudah direndam dalam air lemon hangat. Tutup kepala selama sepuluh menit. Setelahnya, tetesi rambut menggunakan seduhan teh hijau dan daun seledri. Pijat-pijat kulit kepala agar dapat meresap sempurna. Diamkan kira-kira tiga puluh menit, kemudian bilas menggunakan air dingin.

kemiri

  • Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk merawat rambut rontok adalah kemiri. Bumbu dapur satu ini terkenal akan khasiatnya dalam menyehatkan dan menguatkan rambut. Dalam kemiri terkandung aneka mineral alami yang lengkap seperti kalsium, kalium serta zat besi. Kita bisa membeli minyak kemiri siap pakai dalam kemasan botolan yang tersedia di supermarket. Apabila tidak menemukannya, maka siapkan minyak kemiri sendiri. Sangrai kemiri dan haluskan hingga minyaknya keluar. Gunakan minyak ini untuk menetesi kulit kepala setelah keramas. Diamkan antara satu hingga dua jam lalu bilas menggunakan air dingin.

minyak esensial

  • Cara mengatasi rambut rontok pada pria juga bisa menggunakan minyak esensial. Sekarang sudah bisa dengan mudah kita temukan minyak esensial di supermarket-supermarket. Dalam minyak esensial terdapat kandungan nutrisi seperti mineral, vitamin, antioksidan dan lain-lain yang dapat menguatkan rambut hingga akarnya. Beberapa jenis minyak esensial yang bisa kita gunakan untuk merawat rambut di antaranya adalah minyak lavender, minyak zaitun, minyak kelapa serta minyak wijen. Oles serta pijatkan minyak pada kulit kepala setelah keramas. Diamkan selama satu hingga dua jam lalu bilas menggunakan air dingin.

santan

  • Mengatasi rambut rontok juga bisa menggunakan santan. Manfaat santan ternyata sangat besar untuk kesehatan dan keindahan rambut. Santan kelapa terutama kaya akan kandungan vitamin B, protein, zat besi, kalsium dan lain-lain. Sediakan santan sebanyak satu gelas, kemudian bersihkan rambut terlebih dahulu dengan shampo. Oles lalu pijatkan santan ke seluruh bagian kepala. Diamkan selama kira-kira satu jam dan balut rambut menggunakan handuk. Setelahnya, bilas rambut menggunakan air dingin hingga bersih.

yoghurt

  • Produk olahan susu yaitu yoghurt juga dapat digunakan untuk menyehatkan rambut dan menghindarkannya dari kerontokan. Kandungan nutrisi penting di dalamnya antara lain adalah serat, probiotik, mineral alami serta asam folat. Yoghurt akan dapat membantu menguatkan dan menyehatkan rambut dari akarnya. Campurkan yoghurt plain dengan madu lalu oleskan ke seluruh bagian rambut sambil dipijat secara lembut. Diamkan agar meresap kira-kira satu hingga dua jam lamanya. Bilas menggunakan air dingin. Lakukan perawatan menggunakan yoghurt ini dua hingga tiga kali dalam satu minggu.

Aneka rempah

  • Aneka rempah juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi rambut rontok. Di antaranya adalah jahe, bawang serta jeruk nipis. Ramuan ini tidak hanya mengatasi rambut yang rontok namun juga membunuh kutu hingga menghilangkan uban. Haluskan jahe serta bawang terlebih dahulu, lalu campur dengan perasan jeruk nipis hingga encer. Oleskan merata ke seluruh kulit kepala dan pijat lembut agar meresap hingga ke akar-akarnya. Diamkan kira-kira satu hingga dua jam, lalu bilas menggunakan air sampai bersih.

masker alpukat serta kentang

  • Cara mengatasi rambut rontok berikutnya adalah dengan masker alpukat serta kentang. Kedua bahan alami ini sama-sama mengandung nutrisi yang baik dalam mengoptimalkan pertumbuhan rambut, menghitamkan rambut hingga menjaga kelembaban rambut. Gunakan kedua bahan ini sebagai masker rambut secara rutin tiap hari setelah keramas agar didapat hasil terbaik.

Selain dengan melakukan perawatan di atas, kita juga bisa mengatasi rambut rontok dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan positif yang konsisten tiap harinya. Kurangi mengikat rambut terutama untuk para wanita. Selain itu, batasi intensitas keramas maksimal satu kali per harinya. Terlalu sering keramas justru dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan minyak alami pada rambut. Usahakan untuk memijat rambut dengan lembut. Hindari rambut terkena debu, polusi serta sinar matahari dalam waktu lama. Perbanyak pula konsumsi makanan yang merupakan sumber protein dan sumber vitamin B12. Jangan membilas rambut saat keramas menggunakan air panas. Hindari juga penggunaan pengering rambut serta penggunaan obat kimia yang berbahaya secara berlebihan. Demikian adalah beberapa cara mengatasi rambut rontok yang bisa kita terapkan.

Save

Pencarian Populer:

  • alat kontrasepsi yang menyehatkan kulit dan rambut
  • obat alami rambut ronto dan mutihin badan