Obat Jerawat Tradisional Alami dan Aman

Posted on

Obat jerawat tradisional dapat dipilih untuk menghilangkan jerawat membandel pada wajah. Masalah jerawat sendiri termasuk masalah umum yang dialami seseorang yang tengah beranjak remaja. Hormon dan kadar minyak pada wajah yang tinggi serta kotoran dan debu yang menempel akan dapat mengakibatkan munculnya jerawat. Jerawat terutama akan muncul saat lubang kecil pada kulit atau folikel bulu tersumbat kotoran sehingga jerawat muncul dengan mudah. Semakin parah penyumbatan folikel maka kondisi jerawat yang diderita juga akan semakin parah. Masalah yang muncul mungkin bukan hanya jerawat namun juga komedo dan aneka masalah kesehatan kulit wajah lainnya.

Obat jerawat tradisional

Menghilangkan jerawat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menggunakan ramuan tradisional, obat jerawat batu yang biasa dijual bebas di pasaran hingga mengunjungi dokter kulit di klinik kecantikan. Cara alami seringkali dipilih untuk meredakan jerawat karena aman dan relatif tidak menimbulkan efek samping. Obat tradisional ini juga bisa kita racik sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Kehigienisan obat akan dapat terjaga dan kita pastikan sendiri. Ada banyak bahan alami dan tumbuhan yang bisa kita manfaatkan sebagai obat. Berikut adalah beberapa di antaranya, disertai cara pengolahan dan aplikasi pada kulit.

Obat Jerawat Tradisional Menggunakan Madu

Madu telah banyak dikenal sebagai obat tradisional yang ampuh untuk kesehatan serta kecantikan. Salah satunya adalah menghilangkan jerawat membandel. Ini karena di dalam madu terdapat antibakteri serta antioksidan tinggi yang dapat membasmi jerawat, melembabkan kulit serta menghilangkan keriput. Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat menggunakan madu juga terbilang mudah. Sediakan madu tawar atau madu alami secukupnya saja, yaitu madu yang tidak ditambah pemanis. Bersihkan wajah menggunakan air hangat agar pori-pori kulit terbuka. Oleskan madu secara merata pada kulit wajah. Diamkan selama tiga puluh menit, lalu bilas menggunakan air dingin.

Mengobati Jerawat Menggunakan Aneka Buah dan Umbi

Beberapa macam buah seperti tomat, lemon dan mentimun hingga umbi seperti kentang bisa kita manfaatkan untuk mengobati jerawat membandel di wajah. Obat jerawat tradisional ini juga mudah didapat dan diolah. Jeruk lemon atau jeruk nipis tergolong sama-sama mujarab sebagai obat jerawat karena kandungan asam dan antibakteri di dalamnya. Siapkan satu buah jeruk nipis atau jeruk lemon, belah menjadi dua bagian. Gosokkan secara perlahan pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa menit lalu bilas hingga bersih. Cara ini tidak dapat digunakan untuk yang memiliki jerawat batu karena bisa menyebabkan jerawat batu meletus serta terluka. Efek samping dari pemakaiannya adalah rasa perih karena asam dalam buah jeruk tersebut.

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat menggunakan tomat juga tidak kalan praktisnya. Tomat bahkan dapat digunakan untuk sekaligus menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Ini karena dalam tomat terkandung vitamin E dalam jumlah yang tinggi sehingga bagus untuk perawatan kulit. Sebagai obat jerawat, siapkan satu hingga dua buah tomat segar. Haluskan menggunakan blender lalu aplikasikan pada wajah sebagai masker. Diamkan kira-kira dua puluh menit atau sampai menjadi kaku pada wajah. Bilas menggunakan air hangat. Cara lain menggunakan tomat adalah dengan membelahnya menjadi dua kemudian digosokkan pada area wajah yang berjerawat.

Mentimun juga bisa digunakan sebagai obat jerawat tradisional. Buah ini kaya akan senyawa anti peradangan sehingga dapat mencegah rasa nyeri yang diakibatkan oleh jerawat. Cara penggunaan mentimun ada dua macam. Yang pertama adalah dengan memotong mentimun dan menempelkannya pada area wajah. Yang kedua adalah dengan menghaluskan mentimun kemudian menggunakannya sebagai masker wajah. Pastikan mentimun menempel pada wajah lalu diamkan tiga puluh hingga enam puluh menit. Bilas menggunakan air bersih. Masker mentimun cocok untuk kulit sensitif dan penggunaan rutin akan membantu dalam mencerahkan wajah.

Obat jerawat tradisional juga bisa diracik dari umbi-umbian, salah satunya kentang. Dalam kentang terdapat kalium serta mineral alami yang memiliki sifat anti bakteri sehingga mujarab dalam menghilangkan jerawat. Cara mengolah kentang sebagai obat jerawat adalah sebagai berikut. Haluskan kentang secukupnya. Tambahkan sedikit madu dan aduk hingga menjadi adonan seperti pasta. Oleskan merata pada seluruh permukaan wajah yang telah dibersihkan. Diamkan tiga puluh menit hingga maskernya meresap. Bilas menggunakan air dingin. Pemakaian masker ini bisa dilakukan sekali seminggu atau sesuai keperluan.

Aturan Penting dan Mitos Seputar Jerawat

obat jerawat tradisional paling ampuh dan cepat

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat di atas, terapkan salah satu ramuan saja secara rutin dan telaten. Jika kita menggunakan madu,misalnya, maka lakukan rutin perawatan menggunakan madu serta sebisa mungkin jangan berganti-ganti dengan bahan yang lain. Lakukan perawatan ini secara rutin minimal satu kali sehari. Hasilnya mungkin akan memakan waktu lebih lama dibanding perawatan yang menggunakan bahan kimia di klinik kecantikan. Ini wajar mengingat perawatan alami memang akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menujukkan hasil. Yang terpenting adalah kita melakukannya secara rutin serta menggunakan bahan yang masih segar.

Jika jerawat sudah mulai hilang, maka hentikan perawatan. Walau perawatan alami ini relatif aman tanpa menimbulkan efek samping, namun jika ditemukan adanya tanda-tanda iritasi pada kulit, segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter spesialis kulit. Tanda-tanda iritasi yang mungkin terlihat adalah kulit memerah, terasa gatal serta nyeri. Kulit sensitif mungkin akan mengalami iritasi apabila bahan dalam obat jerawat batu yang digunakan tidak cocok.

Masih banyak orang yang tidak memahami jerawat, walau masalah ini kerap menyerang mereka. Pemahaman yang kurang ini menyebabkan beredarnya mitos serta cara mengatasi jerawat yang salah dan justru menambah parah keadaan yang diderita. Misalnya adalah anggapan bahwa jerawat akan menular. Ini tentu tidak benar karena jerawat tidak bisa ditularkan pada orang lain, walaupun kita berada dekat-dekat dengan orang yang memiliki jerawat parah atau bersentuhan fisik dengannya. Jerawat terjadi karena ketidakstabilan hormon hingga pengaruh kebersihan kulit. Memencet jerawat juga seringkali dipercaya sebagai cara untuk mengobati jerawat. Ini juga tidak benar karena memencet jerawat justru akan membuat jerawatnya menyebar dan bertambah parah.

Anggapan keliru lainnya seputar jerawat adalah bahwa aktivitas seksual seseorang akan turut mempengaruhi munculnya jerawat, serta jerawat disebabkan pola makan yang tidak sehat. Anggapan ini jelas-jelas salah dan satu hal penting tentang jerawat yang perlu diketahui adalah bahwa masalah kulit ini timbul sebagai akibat dari kebersihan kulit. Reaksi di bawah permukaan kulit seperti apabila kita mencuci wajah terlalu sering itu justru dapat memperburuk kondisi jerawat. Sebagai langkah pencegahan agar jerawat tidak lagi muncul, yang bisa kita lakukan di antaranya adalah menjalani pola hidup sehat. Tujuannya adalah agar hormon kembali stabil. Olahraga, konsumsi buah dan sayur hingga tidur cukup dan menghindari stres juga termasuk dalam cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Semoga ulasan di atas membantu.

Pencarian Populer:

  • obat jerawat
  • obat tradisional dan mudah didapat untuk mengobati jerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *